Massa Gabungan Demo Kantor KPU Lamongan, Tolak Aksi People Power

Massa juga menyuarakan dukungan kepada KPU

Lamongan, IDN Times- Ratusan masa gabungan dari mahasiswa dan Aliansi Masyarakat Lamongan Peduli Negeri (Maslam Peri) kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor KPU Lamongan, Jumat (17/5). 


Dalam aksinya, mahasiswa meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lamongan agar menyuarakan penolakan terhadap aksi People Power yang rencananya akan digelar oleh sebagain kelompok saat rapat pleno KPU pada 22 Mei 2019, mendatang.

1. Masa juga berikan dukungan kepada KPU

Massa Gabungan Demo Kantor KPU Lamongan, Tolak Aksi People PowerIDN Times/ Imron

Aksi damai itu juga sebagai bentuk dukungan masyarakat Lamongan kepada lembaga penyelenggara pemilu KPU agar tidak gentar menghadapi tudingan oleh sekelompok masa yang mengganggap bahwa pemilu tanggal 17 April 2019 lalu banyak kecurangan. "Kami masyarakat Lamongan akan bersama-sama KPU memberi dukungan. Dan menolak aksi People Power," kata kolrap aksi Didik Winarto.

2. Jika ada yang curang bisa disampaikan melalui jalur hukum

Massa Gabungan Demo Kantor KPU Lamongan, Tolak Aksi People PowerIDN Times/ Imron

Masa juga berharap kepada sekelompok orang yang tidak puas terhadap hasil pemilu 17 April lalu agar menyampaikan melalui jalur hukum. Langkah itu dilakukan agar tidak ada opini atau berita bohong sehingga membuat kegaduhan 

 "Kalau KPU dianggap curang hal itu bisa disampaikan kepada lembaga hukum dan jangan membuat opini publik yang tidak jelas," katanya.

3. Hormati keputusan KPU secara bersama

Massa Gabungan Demo Kantor KPU Lamongan, Tolak Aksi People PowerIDN Times/ Imron

Tanggal 22 merupakan penetapan pleno KPU secara nasional. Penetapan itu, kata dia, wajib ditaati bersama karena KPU merupakan lembaga penyelenggara pemilu terang independen dan jujur. "KPU adalah lembaga independen, jujur mari kita hormati keputusan KPU secara bersama hilangkan sifat keegoisan kita. Mari kembali ke pangkuan NKRI," terangnya.

4. Dijaga ratusan petugas kepolisian

Massa Gabungan Demo Kantor KPU Lamongan, Tolak Aksi People PowerIDN Times/ Imron

Meski bertajuk aksi damai, namun aksi tersebut mendapatkan penjagaan ketat dari aparat kepolisian Polres Lamongan. Selain mendapatkan penjagaan ketat, di depan kantor KPU Lamongan juga dipasang kawat berduri. Para demonstran kemudian melantunkan doa bagi para penyelenggara pemilu yang telah gugur saat bertugas. 

Baca Juga: Ratusan Masyarakat Lamongan Tolak Aksi People Power

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya