Mantan Bupati Lamongan Fadeli Tutup Usia

Meninggal dunia saat dirawat di salah satu RS di Surabaya

Lamongan, IDN Times - Mantan Bupati Lamongan, Fadeli meninggal dunia pada Sabtu (18/5/2021) di usianya yang ke 65. Fadeli meninggal dunia saat menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Surabaya. Kabar meninggalnya mantan orang nomor satu di Kota Soto tersebut pun diberikan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, Taufik Hidayat.

"Iya benar beliau hari ini meninggal dunia," kata Taufik saat dihubungi IDN Times.

1. kondisi kesehatan sempat memburuk sebelum akhirnya meninggal

Mantan Bupati Lamongan Fadeli Tutup UsiaYuhronur Efendi saat berpamitan dengan Bupati Lamongan Fadeli. IDN Times/Imron

Taufik sendiri enggan menjelaskan lebih detail perihal sakit yang diderita pria yang pernah menjabat sebagai bupati dua periode tersebut. Namun, dari informasi yang ia terima, Fadeli sempat tak sadarkan diri dan kondisinya memburuk sebelum akhirnya meninggal dunia.

"Ya saya tidak tahu penyakitnya apa. Karena beliaunya juga dirawatnya bukan di Lamongan tapi di Surabaya, jadi kita benar-benar tidak tahu," jelasnya.

2. Pegawai di Lamongan merasa kehilangan

Mantan Bupati Lamongan Fadeli Tutup UsiaIDN Times/Imron

Sementara itu, Kabag Prokopim Pemkab Lamongan, Arif Bachtiar mengaku kehilangan atas meninggalnya Fadeli. Bagi dia, Fadeli adalah merupakan sosok bupati yang mampu mengayomi masyarakat Lamongan. 

"Yang pertama kami merasa kehilangan dan kita semuanya berdoa semoga beliau meninggal dunia dengan keadaan Husnul khatimah," kata Arif. Namun, ia juga mengaku tak tahu persis sakit yang diderita oleh Fadeli.

3. Fadeli pernah menerima berbagai penghargaan nasional

Mantan Bupati Lamongan Fadeli Tutup UsiaBupati Lamongan Fadeli saat meresmikan sekolah tangguh di SMP Negeri 3 Lamongan. IDN Times/Imron

Selama menjabat sebagai bupati, Fadeli juga pernah meraih berbagai macam penghargaan dan prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Lamongan. 

"Banyak capaian prestasi yang diraih beliaunya, seperti penghargaan dari Wapres KH Ma’ruf Amin sebagai daerah dengan pencegahan korupsi terbaik nasional dan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat dari Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh IDN Times, jenazah Fadeli akan disalatkan di masjid Agung Lamongan siang ini. 

Baca Juga: Kapal Van Der Wijck Ditemukan 17 Mil di Laut Brondong Lamongan

4. Mantan Sekda yang memimpin Lamongan selama 10 ini juga sempat menjadi Ketum Persela

Mantan Bupati Lamongan Fadeli Tutup UsiaInstagram.com/prokopimkablmg

Fadeli memimpin Lamongan sejak tahun 2010. Mantan Sekretaris Daerah yang juga politikus partai Demokrat ini menggantikan bupati sebelumnya, Masfuk. Pada Pilkada 2010, Fadeli yang berpasangan dengan Amar Saifudin menang dengan suara sebanyak 47 persen. 

Lima tahun berselang, pria yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persela ini kembali maju. Kali ini, Fadeli menggandeng politikus PDIP, Kartika Hidayati sebagai wakilnya. Pasangan yang didukung oleh semua partai di DPRD ini menang telak dengan 71,14 persen.

Baca Juga: Bupati Fadeli: Kasus Stunting di Lamongan Sudah 14,4 persen

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya