Comscore Tracker

Logo Pemkab Tuban Dalam Kalender Prabowo-Sandi, Ini Langkah Bawaslu

Bupati Tuban sesalkan pencatutan logo Pemkab

Tuban, IDN Times- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban tengah menyelidiki beredarnya kalender calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Kalender pasangan capres 02 yang tercantum logo Pemkab Tuban di bagian sudut itu saat ini sudah menyebar luas di dua Desa di Kecamatan Senori Tuban.

Kalender itu diserahkan beberapa warga kepada Panwascam setempat. "Kita sudah menerima kalender pasangan calon presiden tertentu yang di dalamnya terdapat logo Pemkab Tuban," kata Komisioner Bawaslu Tuban Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Tuban, Ulil Abror Al Mahmud, saat ditemui IDN Times di ruang kerjanya, Selasa (9/4).

1. Bawaslu bakal panggil Times dan Pemkab Tuban

Logo Pemkab Tuban Dalam Kalender Prabowo-Sandi, Ini Langkah BawasluIDN Times/Imron

Atas temuan ini, Bawaslu pada Rabu (10/4), besok bakal meminta klarifikasi dari Tim sukses pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi, apakah kalender yang sudah beredar luas itu siapa yang membuat. Selain itu Pemkab Tuban juga turut diundang. "Insyaallah Hari Rabu kita bakal undang, keduanya baik Times dan Pemkab Tuban, keduaanya juga hari ini (red) sudah kita Surati," katanya.

2. Bawaslu belum bisa menyimpulkan ini masuk pelanggan pidana atau administrasi

Logo Pemkab Tuban Dalam Kalender Prabowo-Sandi, Ini Langkah BawasluIDN Times/Imron

Secara aturan PKPU Nomor 23 tahun 2018 terkait dengan Desaign materi APK atau BK yang intinya tidak boleh mencantumkan logo pemerintah atau lembaga tertentu. Aturan itu sudah jelas jika APK atau BK pasangan calon presiden tertentu hanya diperbolehkan mencantumkan gambar partai pengusung. "Kami tidak gegabah dalam memutuskan kasus ini. Intinya kita akan mendalami dan menindak lanjuti penemuan kalender yang di dalamnya tercantum logo yang mirip dengan Pemkab," imbuhnya.

3. Terdapat 300 eksemplar kalender Prabowo-Sandi

Logo Pemkab Tuban Dalam Kalender Prabowo-Sandi, Ini Langkah BawasluIDN Times/Imron

Dari 300 lembar kalender, 19 sudah diambil Bawaslu untuk dijadikan sampel. Sementara itu, dari keterangan pemilik warung kalender tersebut sengaja disebar oleh sejumlah relawan Capres-Cawapres 02, kemudian kalender itu berhasil ditemui oleh Panwascam Senori tim relawan 02 mengaku telah mengedarkan 300 kalender berlogo menyerupai logo Pemkab Tuban di 20 kecamatan yang ada di Tuban. "Ada 300 eksemplar kalender dan 19 kita ambil untuk kita jadikan sampel," ungkapnya.

4. Jika ada keterlibatan ASN, bupati siap berikan saksi

Logo Pemkab Tuban Dalam Kalender Prabowo-Sandi, Ini Langkah BawasluIDN Times/Imron

Sementara itu, terpisah Bupati Tuban Fathul Huda menyesalkan ada lambang Pemkab di kalangan itu. Menurut dia pemerintah harus netral dalam pemilihan kepala negara ini. Jika ada keterlibatan ASN dalam pencatutan logo Pemkab Tuban dalam kalender itu, maka Bupati dua periode ini tak segan-segan akan memecat ASN yang tidak netral. "Tentunya kita sesalkan ada logo yang tertera di kalender itu. Terkait ini kita juga masih mengkaji lebih jauh lagi, apakah kasus ini nantinya kita bawa ke ranah hukum," pungkas dia.

Baca Juga: 3.002 Pelanggaran Kampanye di Jatim, Terbanyak Alat Peraga dan ASN

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya