Kreatif, Pemuda Asal Lamongan Bikin Lukisan Berbahan Dasar Scotlight

Penjualan lukisan hingga luar Jawa

Lamongan, IDN Times- Seni lukis tak melulu mengunakan cat sebagai media utama dalam menghasilkan karya. Ada beberapa bahan lainnya yang bisa digunakan untuk karya lukis, misalnya stiker yang biasa digunakan untuk kendaraan, atau lazim disebut scotlight.

Salah satu seniman yang sedang getol mengembangkan kerajinan unik berbahan scotlight adalah adalah, Sabiq Fajar Rozaq (23). Pria kelahiran Desa Menonggo, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan ini mampu menghasilkan berbagai karya dengan bahan baku unik ini.

1. Ide pembuatan lukisan wajah diperoleh dari YouTube

Kreatif, Pemuda Asal Lamongan Bikin Lukisan Berbahan Dasar ScotlightIDN Times/ Imron

Ide pembuatan lukisan wajah menggunakan bahan scotlight tersebut muncul saat dirinya membuka sebuah tayangan di halaman YouTube. Selain digunakan sebagai bahan pelindung sepeda motor, kertas ini jufa ternyata bisa juga dijadikan sebagai bahan baku untuk melukis. "Tapi tayangan di YouTube kita tidak diberitahukan secara rinci cara membuatnya," jelas Rozaq.

Baca Juga: 11 Potret Unik Sashimi yang Indahnya Mirip Lukisan, Kamu Tega Makan?

2. Modal pembuatan lukisan Rp50 ribu

Kreatif, Pemuda Asal Lamongan Bikin Lukisan Berbahan Dasar ScotlightIDN Times/ Imron

Rozaq kemudian memulai mencoba membuat lukisan wajah menggunakan scotlight dan beberapa bahan lainnya dengan modal awal sekitar Rp50 ribu. Awalnya, karya lukis yang ia hasilkan tidak sesuai dengan lukisan yang ia lihat di channel YouTube.

Namun, pria yang pernah menempuh pendidikan Hukum di Universitas Trunojoyo Madura, tidak patah semangat. Ia terus mencoba membuat lukisan itu hingga membentuk sebuah lukisan yang diharapkan. "Awal mencoba ya kurang memuaskan hasilnya. Tapi saya coba terus dan Alhamdulillah hasilnya bagus," terangnya.

3. Sudah sejak kecil mencintai hobi melukis

Kreatif, Pemuda Asal Lamongan Bikin Lukisan Berbahan Dasar ScotlightIDN Times/ Imron

Rozaq mengaku jika melukis adalah hobi yang sudah ia sukai sejak dari kecil. Hobi ini kemudian terus ia kembangkan hingga beberapa kali pernah menyabet penghargaan lomba melukis.

Rozaq menuturkan, cara pembuatan lukisan wajah dari scotlight sangat sederhana. Pertama, gunting bahan dengan diameter yang diinginkan. Setelah itu digambar sesuai pola wajah dan ditempelkan pada papan kayu. Setelah itu, scotlight yang sudah terdapat pola kemudian diiris menggunakan silet. Langkah terakhir adalah memberikannya pigura.

4. Pesanan lukisan wajah bersalah dari luar daerah

Kreatif, Pemuda Asal Lamongan Bikin Lukisan Berbahan Dasar ScotlightIDN Times/ Imron

Lukisan wajah miliknya dibanderol dengan harga mulai puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Pemesannya pun banyak yang berasal dari luar Kabupaten Lamongan seperti, Banjarmasin, Bekasi, Semarang dan Sampang Madura.

"Untuk pemesanan biasanya kami pasarkan melalui Instagram dan beberapa media sosial lainnya," pungkasnya. 

Baca Juga: Ramadan, Perajin Songkok Lukis Lamongan Banjir Pesanan dari Luar Jawa

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya