Korsleting Listrik, Tiga Kapal Nelayan di Tuban Hangus Terbakar

Kerugian mencapai ratusan juta

Tuban, IDN Times - Tiga kapan nelayan yang terparkir di dermaga pelabuhan, Desa Bulu Meduro, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, hangus terbakar, Kamis (7/2). Diduga, api yang menghanguskan tiga kapal pada pukul 01.30 WIB, karena korsleting listrik.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono membenarkan kejadian tersebut. Awal mula kebakaran ini, kata dia, berasal dari salah satu kapal milik nelayan bernama Syamsuri. "Memang benar ada tiga kapal sekaligus yang terbakar karena korsleting listrik aki," kata Joko melalui pesan WhatsApp.

Baca Juga: Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di Tuban Melambung Tinggi

1. Api berasal dari korsleting listrik aki

Korsleting Listrik, Tiga Kapal Nelayan di Tuban Hangus TerbakarDok. IDN Times/ Istimewa

Joko menuturkan, korsleting listrik itu menyebabkan adanya percikan api. Kemudian, api membakar bodi kapal dan merembet ke bagian ruangan kapal dan merembet ke alat penangkapan ikan, seperti jaring. "Karena di dalam kapal terdapat benda-benda yang mudah terbakar, kemudian api dengan cepat membesar dan menghanguskan kapal," jelas Joko.

2. Dua kapal yang terparkir di sampingnya juga ikut terbakar

Korsleting Listrik, Tiga Kapal Nelayan di Tuban Hangus TerbakarDok. IDN Times/ Istimewa

Angin yang bertiup kencang dari arah laut membuat kobaran api semakin membesar. Dua kapal yang saat itu tengah terparkir juga ikut dilalap si jago merah. Kedua kapal yang berada di samping kiri dan kanan diketahui milik Ach Dhori, dan Sumini. "Jadi di samping kiri itu ada kapal milik Ach Dhori dan kanan kapal saudara Sumini juga ikut terbakar dan tidak bisa diselamatkan," kata Joko.

3. Api baru bisa dipadamkan pada pukul 05.00

Korsleting Listrik, Tiga Kapal Nelayan di Tuban Hangus TerbakarDok. IDN Times/ Istimewa

Petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kejadian langsung memadamkan api, dengan melibatkan posko damkar Kecamatan Jatirogo, BPBD Tuban dan dibantu Polsek Bancar. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 05.00 WIB. "Kita sangat kesulitan karena angin juga bertiup kencang beberapa mobil damkar juga kita turunkan untuk membantu memadamkan api. Selain dari kita masyarakat setempat juga ikut membantu," kata Joko.

4. Kerugian ditaksir mencapai Rp850 juta

Korsleting Listrik, Tiga Kapal Nelayan di Tuban Hangus TerbakarIlustrasi (Pixabay)

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan petugas BPBD Kabupaten Tuban, ketiga nelayan mengalami kerugian hingga mencapai Rp850 juta. Kerugian timbul karena peralatan nelayan yang ada di atas ketiga kapal kayu itu tidak bisa diselamatkan. "Kalau dihitung kerugian yang diderita ketiganya mencapai ratusan juta. Untuk Saudara Syamuri ini menelan kerugian Rp250 juta, Sumini Rp400juta dan Ach Dhori Rp200 juta," jelasnya.

5. Kebakaran tiga kapal membuat mata pencaharian tiga nelayan terhenti

Korsleting Listrik, Tiga Kapal Nelayan di Tuban Hangus TerbakarDok. IDN Times/ Istimewa

Kebakaran yang menghanguskan tiga kapal sekaligus itu, membuat mata pencaharian tiga nelayan itu terhenti karena dipastikan tidak bisa melaut. Joko pun meminta agar masyarakat tetap berhati-hati terhadap bahaya api. "Sudah sering saya ingatkan masyarakat, terutama ibu-ibu jangan lupa setelah memasak, apinya harus benar-benar padam sebelum ditinggal dan benda-benda yang dapat memicu kebakaran juga perlu diperhatikan," harapnya.

Baca Juga: Pria Asal Tuban Nekat Bunuh Diri dengan Terjun ke Sungai Bengawan Solo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya