Kepadatan Arus Mudik dan Balik di Jalur Nasional Turun 68 persen

Jadi gak terlalu macet

Lamongan, IDN Times - Kepadatan arus mudik dan arus balik lebaran di jalan raya nasional Lamongan mengalami penurunan volume kepadatan hingga 68 persen. "Tahun ini ada penurunan kepadatan kendaraan dibandingkan tahun sebelumnya," kata Kasat Lantas Polres Lamongan AKP Argya Satriya Bhawana, kepada IDN Times, Senin (10/6).

1. Berfungsinya Tol Tidak Jawa kurangi kemacetan di jalur nasional

Kepadatan Arus Mudik dan Balik di Jalur Nasional Turun 68 persenIDN Times/ Imron

Menurutnya, penurunan volume kepadatan kendaraan saat mudik dan arus balik lebaran yang terjadi tahun ini karena sebagian besar para pemudik menggunakan jalur tol Trans Jawa. Meski demikian Satlantas Polres Lamongan terus memantau kendaraan dan menyiagakan beberapa personil polisi di sejumlah titik yang rawan terjadi kemacetan. "Ini karena banyak pengendara yang melintas di jalan tol Trans Jawa, sehingga kepadatan kendaraan di jalur nasional terpantau lengang," imbuhnya.

Baca Juga: Sidak Pasar Sidoarjo Lamongan, Bupati Dikomplain Pedagang

2. Puncak arus balik lebaran sudah selesai

Kepadatan Arus Mudik dan Balik di Jalur Nasional Turun 68 persenIDN Times/ Imron

Untuk puncak arus balik lebaran sendiri diprediksi terjadi pada kemarin hingga dini hari tadi. Pada saat arus balik, lanjut  Argya, tidak terjadi kepadatan kendaraan yang melintas. Sementara untuk jalur yang berada di tengah kota atau dalam kota Lamongan, lebih didominasi oleh kendaraan bermotor atau roda dua. "Kalau di dalam kota arus kendaraan hanya didominasi roda dua saja," katanya.

3. Pemudik mengaku tidak mengalami kendala saat diperjalanan

Kepadatan Arus Mudik dan Balik di Jalur Nasional Turun 68 persenIDN Times/ Imron

Sementara itu, salah seorang pemudik asal Pasuruan Dian Anita mengaku senang dengan mudik lebaran tahun ini. Menurutnya selain tidak terjadi kemacetan seperti tahun sebelumnya, adanya pos yang disediakan oleh petugas kepolisian juga sangat membantu dirinya dan keluarganya untuk sejenak melepaskan lelah saat diperjalanan. "Mudik tahun ini berbeda sekali mas dengan tahun sebelumnya, arus lalulintas lancar sekali," katanya, saat ditemui IDN Times di pos Terminal Lamongan.

4. Fasilitas di pos mudik lebaran sangat membantu pemudik

Kepadatan Arus Mudik dan Balik di Jalur Nasional Turun 68 persenIDN Times/ Imron

Saat berada di pos pelayanan mudik di Terminal Lamongan, dirinya beserta keluarga menyempatkan istirahat sejenak, sambil menikmati sejumlah fasilitas di pos mudik yang sudah disediakan. Dian sendiri rencananya akan balik bekerja di Jawa Tengah bersama keluarga. "Ini rencananya mau balik ke Jawa Tengah bekerja disana jualan. Dan harapan kami semoga arus mudik atau balik tahun yang akan datang pelayanan lebih ditingkatkan lagi," harapnya.

Baca Juga: 10 Hari Libur, Bupati Lamongan Tindak Tegas ASN yang Bolos

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya