Kekeringan, Polisi di Bojonegoro Salurkan Air Bersih ke Warga

Warga selama ini beli air untuk kebutuhan sehari-hari

Bojonegoro, IDN Times- Kekeringan yang terjadi di Kabupaten Bojonegoro akibat kemarau panjang, membuat sejumlah polisi di Bojonegoro turun tangan. Puluhan Polisi Wanita (Polwan) membagikan air bersih kepada ratusan warga di Desa Padangmentoyo, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro Selasa (13/8).

Desa Padangmentoyo dipilih untuk menyalurkan air bersih karena lokasi itu paling parah terdampak kekeringan. Ada 10 ribu liter lebih air yang didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan. "Memang benar hari ini para Polwan melakukan droping air ke warga," kata Kabag Sumda Polres Bojonegoro, Kompol Roro Sri Harwati, kepada IDN Times 

1. Polwan juga bantu angkat air ke rumah warga

Kekeringan, Polisi di Bojonegoro Salurkan Air Bersih ke WargaIDN Times/ Istimewa

Warga yang memperoleh bantuan air bersih, nampak antusias mengantre. Bahkan, sejumlah polwan turut membantu mengangkat air ke sejumlah rumah warga menggunakan timba yang dipikul di pundak mereka. "Ada ibu-ibu yang sudah tua juga kita bantu angkatkan guci dari tanah liat untuk dibawa ke rumah mereka," kata Sri.

2. Rangkaian hari Polwan ke 71

Kekeringan, Polisi di Bojonegoro Salurkan Air Bersih ke WargaIDN Times/ Istimewa

Sri Harwati mengungkapkan, pembagian air tersebut merupakan salah satu rangkain kegiatan dalam rangka hari ulang tahun Polwan ke 71 dan program “Polisi Dulure Dewe” (PDD), Polres Bojonegoro. Program tersebut merupakan bentuk program sosial polisi agar lebih dekat kepada masyarakat. "Sesuai dengan instruksi bapak Kapolres, kita sebagai polisi harus selalu lebih dekat dengan masyarakat," kata perwira polisi berpangkat satu melati di pundaknya ini.

Baca Juga: Tak Kunjung Diperbaiki, Warga "Hias" Jalan Madiun-Bojonegoro

3. Warga senang memperoleh bantuan air bersih

Kekeringan, Polisi di Bojonegoro Salurkan Air Bersih ke WargaIDN Times/ Istimewa

Menurut dia, warga Dusun Prabuan Desa Padangmentoyo Kecamatan Temayang, banyak yang mengaku senang atas pembagian air bersih tersebut. Mengingat desa setempat sudah dua bulan terakhir ini sangat kesulitan memperoleh air bersih. "Rencananya pembagian air ini juga akan kita lakukan disejumlah wilayah lainnya di Bojonegoro kepada warga yang paling parah terdampak kekeringan," imbuhnya.

4. Warga selama dua bulan ini membeli air

Kekeringan, Polisi di Bojonegoro Salurkan Air Bersih ke WargaIDN Times/ Istimewa

Selama dua bulan terakhir ini, warga setempat terpaksa membeli air bersih, untuk kebutuhan memasak dan air minum. Sedangkan untuk kebutuhan mencuci pakaian dan perabot rumah tangga. Warga mengunakan air sisa-sisa sungai yang mengering. Bahkan sumur yang biasanya penuh airnya juga sudah mulai mengering. "Banyak yang senang mas dengan pembagian air ini, karena selama ini mereka membeli," pungkasnya.

Baca Juga: 74 Desa di Bojonegoro Terdampak Kekeringan, BPBD Droping Air

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You