Jelang Lebaran, Penjualan Buah Siwalan di Tuban Meningkat Drastis

Cocok buat oleh-oleh mudik lebaran

Tuban, IDN Times- Menjelang hari raya Idul Fitri 2019 permintaan buah siwalan di Kabupaten Tuban terus meningkat. Jikadi hari biasa penjualan buah yang memiliki nama latin Borassus flabellifer ini hanya berkisar antara 20-30 biji per harinya jelang lebaran penjualan meningkat drastis hingga ratusan biji.

Seorang pedagang buah siwalan, Siti Purwaningsih, warga Desa Widengan Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, mengatakan sudah sejak seminggu ini dagangannya buah siwalan laris manis. "Alhamdulillah mas mendekati lebaran ini buah siwalan laku terus," katanya kepada IDN Times, Sabtu (1/6).

1. Buah siwalan diburu untuk oleh-oleh mudik lebaran

Jelang Lebaran, Penjualan Buah Siwalan di Tuban Meningkat DrastisIDN Times/ Imron

Rata-rata pembeli yang membeli buah siwalan mengaku jika buah yang dahulunya konon dibawa oleh para saudagar dari timur tengah tersebut, dijadikan oleh-oleh mudik lebaran kepada keluarga. "Ya kalau menjelang lebaran ini biasanya dijadikan oleh-oleh mudik lebaran dan rata-rata pembeli membelinya dengan jumlah yang banyak," katanya.

Umumnya buah yang memiliki rasa manis dan kenyal tersebut, bisa dimakan secara langsung atau dijadikan campuran es. Caranya buah siwalan dipisahkan dari kulitnya kemudian dicuci bersih dan di iris menjadi potongan dadu. "Paling enak dijadikan es mas. Dan cara membuatnya simpel saja, buah dikupas dan diberikan larutan gula merah, santan kemudian dikasih es batu," ungkapnya.

2. Buah siwalan bisa dimakan langsung atau dijadikan es

Jelang Lebaran, Penjualan Buah Siwalan di Tuban Meningkat DrastisIDN Times/ Imron

Para pembeli sendiri, bisanya membeli secara langsung. Buah yang dijual oleh pedagang sendiri masih dalam keadaan utuh. Sebab, buah siwalan yang sudah dikupas tidak bisa tahan lama. Sedangkan buah yang masih utuh akan tahan hingga berbulan-bulan. "Kalau di sini banyak yang membeli yang masih utuh, mungkin saja merek untuk dijadikan sebagai hidangan lebaran nanti," imbuhnya.

Baca Juga: Tiga Tetangganya Ditahan, Warga Demo Mapolres Tuban

3. Pembeli bisa memilih buah yang sudah dikupas atau masih dalam bentuk utuh

Jelang Lebaran, Penjualan Buah Siwalan di Tuban Meningkat DrastisIDN Times/ Imron

Pembeli buah siwalan ini pun tidak hanya dari warga lokal saja. Buah ini juga kerap diburu oleh sejumlah warga luar Tuban, seperti Lamongan, Gresik, Bojonegoro, Jombang dan Mojokerto.

Menurut Siti, alasan banyaknya warga luar Tuban yang membeli buah siwalan dari Tuban karena buah yang dihasilkan dari Bumi Wali memiliki cita rasa yang khas dan lain dari pada buah siwalan yang ditanam di daerah luar Tuban. "Sedikit ada perbedaan mas, banyak para peziarah yang mengaku jika buah siwalan dari Tuban enak," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Siwalan yang Luar Biasa, Sudah Tahu?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya