Comscore Tracker

Hasil Rapid Test COVID-19, Sembilan Warga Lamongan Positif

Tunggu hasil pemeriksaan pusat

Lamongan, IDN Times - Pemkab Lamongan melakukan rapid test COVID-19 kepada 30 warganya. Tes tersebut bekerja sama dengan laboratorium Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Hasilnya, sembilan orang dinyatakan positif.

"Iya betul, ada sembilan yang positif," terang Bupati Lamongan Fadeli melalui keterangan resmi yang disampaikan Humas Pemkab Lamongan, Rabu malam (1/4).

1. Masih akan dites swab PCR

Hasil Rapid Test COVID-19, Sembilan Warga Lamongan PositifIlustrasi rapid test. IDN Times/Bagus F

Meski demikian, hasil rapid test tersebut akan tetap dikirim ke Laboratorium Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Seperti diketahui, rapid test bukanlah hasil final. Orang ketahuan positif setelah di-rapid test, tetap akan dites swab PCR.

"Masih harus dilakukan swab ulang oleh pemerintah pusat, sebelum nanti hasilnya benar-benar diumumkan oleh juru bicara Gugus Tugas COVID-19 di Jakarta," imbuhnya.

2. Lamongan dinyatakan darurat COVID-19

Hasil Rapid Test COVID-19, Sembilan Warga Lamongan PositifIlustrasi rapid test (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Dengan hasil tersebut, pemkab menyatakan bahwa Lamongan darurat COVID-19. Saat ini pemkab terus berupaya agar virus corona tak semakin menyebar luas.

"Ya upaya terus dilakukan, di antaranya meminta masyarakat agar tidak berkerumun dan membatasi aktivitas di luar rumah, serta terus menjaga kebersihan," imbau Fadeli.

Baca Juga: Di Tengah Wabah Corona, Sepuluh Pemuda di Lamongan Malah Pesta Miras

3. Tunggu hasil lab kemenkes

Hasil Rapid Test COVID-19, Sembilan Warga Lamongan PositifIlustrasi. Rapid Test COVID-19. Dok Humas Jabar

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lamongan Taufik Hidayat menjelaskan, hasil rapid test tidak bisa dijadikan acuan. Pemeriksaan yang paling valid adalah menunggu hasil lab kemenkes keluar.

"Kalau hasil tes yang dilakukan pemerintah pusat sudah keluar, maka itu baru bisa dibilang terjangkit (COVID-19)," terangnya.

4. Sembilan warga Lamongan menjalani perawatan

Hasil Rapid Test COVID-19, Sembilan Warga Lamongan PositifPeralatan rapid test corona yang disiapkan oleh Pemprov Jawa Timur. IDN Times/Fitria Madia

Hasil tes itu bisa diketahui malam ini dan kemungkinan besar akan diumumkan besok Kamis (2/4). Taufik berharap yang terbaik. Terkait dengan sembilan orang yang yang di-rapid test itu, saat ini mereka mendapat perawatan yang baik.

"Mudah-mudahan saja sembilan orang ini negatif. Untuk keberadaan sembilan orang ini ada di Lamongan, (ada yang) di rumah sakit dan isolasi diri di rumah menjalani perawatan," ungkap Taufik.

Baca Juga: Tetap Nekat, Petugas Gabungan Bubarkan Resepsi Pernikahan di Lamongan

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya