Hari Pertama PPKM, Warga Lamongan Terlihat Bergerombol Saat Terima BTS

Sudah diperingatkan petugas, tapi tak dihiraukan oleh warga

Lamongan, IDN Times- Hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Lamongan, sejumlah masyarakat masih terlihat bergerombol saat tengah mengantri Bantuan Tunai Sosial (BTS) di Kantor Kecamatan Pucuk, Senin (11/1/2021). Padahal, sesuai instruksi Bupati Lamongan, selama diberlakukannya PPKM masyarakat tidak diperbolehkan membuat acara melebihi 50 orang lebih.

1. Masyarakat sudah diperingatkan agar menjaga jarak saat pembagian bantuan

Hari Pertama PPKM, Warga Lamongan Terlihat Bergerombol Saat Terima BTSWarga terlihat bergerombol saat menerima bantuan. IDN Times/Imron

Menurut Camat Pucuk Dedy Dian Ali, warga yang bergerombol saat menerima bantuan tersebut, sebelumnya juga sudah diperingatkan oleh petugas agar tetap menjaga jarak saat kegiatan itu berlangsung. Namun peringatan dari petugas justru tak membuat masyarakat patuh.

"Sudah, ada dari Satpol PP yang bolak-balik meminta warga agar terus menjaga jarak, tapi karena orangnya banyak ya balik lagi," kata Dedy saat dihubungi IDN Times, Senin (11/1/2021).

Baca Juga: Hari Pertama PPKM, Sutiaji Minta Warga Malang Patuhi Prokes

2. Warga bergerombol di teras pendopo dan halaman kantor kecamatan

Hari Pertama PPKM, Warga Lamongan Terlihat Bergerombol Saat Terima BTSWarga terlihat bergerombol saat menerima bantuan. IDN Times/Imron

Sebenarnya, petugas sudah membuat antrean bagi warga yang hendak menerima bantuan tersebut sudah sesuai aturan dengan memberikan kursi yang jaraknya hampir satu meter antara satu dan lainnya. Namun masyarakat yang di luar pendopo kecamatan atau yang di halamannya masih saja bergerombol.

"Ya ke depannya kita akan lebih mempertegas lagi, karena saat ini juga masih dalam situasi pandemik COVID-19, tentunya kita akan mematuhi instruksi dari pak bupati," katanya.

3. Ada 10 desa di Pucuk yang sudah terima BTS

Hari Pertama PPKM, Warga Lamongan Terlihat Bergerombol Saat Terima BTSWarga terlihat bergerombol saat menerima bantuan. IDN Times/Imron

Pembagian bantuan sendiri, lanjut Dedy sudah berlangsung sejak Hari Minggu lalu. Ada 10 desa yang sudah menerima. 

"Hari ini tinggal 7 desa yang menerima bantuan, untuk total berapa yang menerima kami tidak hafal, yang jelas hari ini sudah terakhir pembagian," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kabupaten Lamongan adalah salah satu daerah yang ditunjuk oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa agar menerapkan PPKM. Sebab tingkat penyebaran virus corona di Lamongan sendiri masih sangat tinggi. Selama itu juga pemerintah juga melarang, aktivitas sekolah secara tatap muka.

Baca Juga: Sudah Dapat Bantuan Sosial Tunai Rp300 Ribu? Gunakan untuk 5 Hal Ini

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya