Gubernur Jatim Pastikan Stok Elpiji dan BBM Hingga Lebaran Aman

Sediakan 134 rest area di jalur mudik

Bojonegoro, IDN Times- Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, memastikan stok elpiji dan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Jatim hingga lebaran 2019 mendatang, dipastikan aman. Namun, Khofifah tidak menjelaskan secara gamblang berapa tambahan elpiji di Jatim yang disuplai oleh perusahaan plat merah Pertamina tersebut.

"Tahun ini Alhamdulillah kita dapat tambahan kouta elpiji lebih banyak," kata Khofifah, usai mengelar sidak di Pasar Kota Bojonegoro, Jumat (24/5). Khofifah juga memastikan bahwa amannya kouta elpiji ini juga dibarengi dengan harga yang bisa dijangkau oleh masyarakat. 

1. Ada tambahan SPBU transit

Gubernur Jatim Pastikan Stok Elpiji dan BBM Hingga Lebaran AmanIDN Times/ Imron

Selain persoalan elpiji, ketersediaan BBM juga terus dijaga. Ada dua lokasi utama transit pengisian BBM yang khusus disediakan Pertamina untuk mengantisipasi kekurangan BBM saat mudik dan arus balik lebaran.

Pertama berada di Surabaya dan Kabupaten Tuban serta enam sub titik pengisian BBM yang nantinya tersebar di sepanjang jalur Pantura. "Ada dua lokasi utama pengisian BBM dan enam sub pengisian BBM juga tersebar di rest area. Karena ada beberapa SPBU yang masih belum siap melayani pengisian BBM bagi para pemudik," katanya.

2. Sediakan kendaraan khusus pengangkut BBM

Gubernur Jatim Pastikan Stok Elpiji dan BBM Hingga Lebaran AmanANTARA FOTO/Reno Esnir

Bahkan, jika nantinya terdapat mobil pribadi yang mogok lantaran kehabisan BBM. Pertamina juga menyiapkan kendaraan khusus yang bakal menyuplai BBM kepada mereka.

"Untuk mudik tahun ini  kita juga sudah melakukan simulasi dengan Korlantas mabes Polri dengan Menhub dan Menkes. Kalau di titik-titik tertentu ternyata ada pengendara mobil yang bbm-nya habis, bisa menghubungi call center dan nanti ada kendaraan motor yang sudah di desain itu membawa BBM ke sana," ungkapnya.

3. PMI sediakan 134 titik rest area

Gubernur Jatim Pastikan Stok Elpiji dan BBM Hingga Lebaran AmanIDN Times/ Imron

Sementara untuk rest area, PMI Jatim menyediakan 134 titik lokasi peristirahatan yang tersebar di sepanjang jalur pemudik. Lokasi rest area ini juga berdekatan dengan masjid. "Saya sedang meminta kembali untuk disisir rest area yang lokasinya jauh dari masjid, untuk sebaiknya berdekatan dengan tempat ibadah. Karena selain dapat menunaikan ibadah, mereka juga bisa mandi dan beristirahat lebih lama di masjid atau musala," pungkasnya.

Baca Juga: Sidak Parcel, Khofifah Ingatkan PNS Terima Parcel di Bawah Rp1 Juta

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya