Garap Sawah, Petani di Lamongan Tewas Tersengat Listrik

Sumber listrik berasal dari mesin genset

Lamongan, IDN Times- Seorang petani asal Desa Maduran RT 01,RW.01, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan tewas mengenaskan. Ia tersengat aliran listrik di sawah, Selasa (4/12). Kejadian yang menimpa Sukardi (50) itu, bermula ketika korban sedang bekerja di sawah.

Namun nahas, saat korban berniat menghalau hama burung yang memakan sebagain padinya, alat semprot yang ia bawa tersangkut sebuah kabel dan membuatnya tersengat.

1. Korban tersengat listrik di bagian kepala

Garap Sawah, Petani di Lamongan Tewas Tersengat ListrikDok.IDN Times/Istimewa

Kabag Humas Polres Lamongan, Kompol Harmuji membenarkan kejadian ini. Korban menurutnya tewas saat bagian kawat kabel listrik yang masih menyala itu mengenai bagian kepala. Seketika, korban jatuh tersungkur di tanah dan tewas. 

"Korban menyemprotkan obat sambil tangannya diayunkan untuk menghalau burung yang memakan padi di sawah tanpa sadar diatas korban terdapat kawat aliran setrum," kata Harmuji, Rabu (5/12).

2. Sebelum meninggal Sukardi sempat berteriak

Garap Sawah, Petani di Lamongan Tewas Tersengat ListrikIDN Times/Sukma Shakti

Sepakat (20), salah satu warga setempat yang mengetahui peristiwa nahas itu mengatakan bahwa Sukardi berada di sawah sejak pagi buta itu untuk menyemprotkan obat tanaman. Menurut dia, korban memang sempat menghalau burung pemakan padi di lahannya.

3. Sumber listrik berasal dari mesin genset

Garap Sawah, Petani di Lamongan Tewas Tersengat ListrikDok.IDN Times/Istimewa

Sepakat menduga bahwa korban tidak sadar jika aliran listrik yang berada di atas kepalanya masih menyala. Sumber aliran listrik sediri diketahui berasal dari mesin genset yang belum dimatikan oleh pemiliknya.

Baca Juga: Sambangi Petani Lamongan, Sandiaga Sebut Indonesia Tak Perlu Impor Beras

4. Saksi kemudian menghubungi keluarga

Garap Sawah, Petani di Lamongan Tewas Tersengat ListrikIlustrasi/unsplash.com/@rawpixel

Melihat kejadian itu, Harmuji mengatakan bahwa Sepakat panik dan tidak berani mendekati korban yang saat kejadian berlangsung masih dialiri listrik disekujur tubuhnya. Ia kemudian memanggil dan menyampaikan perihal itu ke keluarga korban. Selanjutnya beberapa sanak keluarga dan tetangga korban berlarian menuju ke sawah.

5. Polisi amankan sejumlah bukti

Garap Sawah, Petani di Lamongan Tewas Tersengat ListrikDok.IDN Times/Istimewa

Polisi yang mendapatkan laporan langsung meluncur ke TKP, dan mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya kawat kabel, mesin genset dan alat semprot milik korban. Hasil visum yang dilakukan petugas medis bahwa korban mamang benar tersengat aliran listrik pada pukul 06.00 WIB.

"Selanjutnya saudara Supakat dan menghubungi kepala Desa untuk memberitahukan adanya salah satu masyarakat meninggal dunia di sawah akibat kena setrum tikus, kemudian yang selanjutnya kepala desa menghubungi Polsek Maduran," kata Harmuji. 

Baca Juga: Tewaskan Empat Orang, Harimau Betina Ini Mati Tersengat Listrik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya