Diduga Kelelahan, Seorang Anggota KPPS Asal Tuban Meninggal Dunia

Pemilu serentak rasanya perlu dikaji ulang

Tuban, IDN Times- Seorang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 024 Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban meninggal dunia, Minggu (21/4). 

Diduga, anggota KPPS bernama Edi Supandi (48) tersebut tewas karena kelelahan saat bertugas. Kapolsek Semanding, AKP Desis Susilo saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (22/4) pagi membenarkan kejadian tersebut. Edi tewas usai menjalankan tugas sebagai KPPS pada Minggu pukul 15.30 WIB.

Baca Juga: Ketua KPPS di Cianjur Meninggal Dunia, Begini Kronologisnya

1. Korban terlihat sehat saat bertugas

Diduga Kelelahan, Seorang Anggota KPPS Asal Tuban Meninggal DuniaIDN Times/ Istimewa

Desis menjelaskan, berdasarkan laporan dari keluarga dan sesama anggota KPPS setempat, korban terlihat sehat saat bertugas sebagai KPPS. Namun, usai bertugas, korban mengalami sakit kemudian dilarikan ke rumah sakit setempat.

Sayang, nyawanya tidak bisa diselamatkan. "Korban mengalami sakit usai menjalankan tugas sebagai anggota KPPS dan meninggal dunia," imbuhnya.

2. Korban pingsan sebelum akhirnya meninggal dunia

Diduga Kelelahan, Seorang Anggota KPPS Asal Tuban Meninggal DuniaIDN Times/ Istimewa

Sebelum Edi meninggal dunia, ia sempat pingsan terlebih dahulu. Kemudian korban, oleh sejumlah keluarga dibawa ke rumah sakit di Tuban. Namun nahas, korban tidak bisa diselamatkan dan akhirnya pada pukul 15. 30 korban mengembuskan nafas terakhirnya.

"Korban sempat pingsan keesokan harinya sebelum akhirnya meninggal dunia, lalu dibawa ke rumah sakit di Tuban," kata perwira polisi berpangkat tiga balok dipundaknya ini.

3. Korban kemudian dibawa ke rumah duka

Diduga Kelelahan, Seorang Anggota KPPS Asal Tuban Meninggal DuniaIDN Times/ Istimewa

Usai mendapatkan perawatan medis di rumah sakit di Tuban, korban kemudian dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan. Oleh keluarga Edi dimakamkan setelah salat isya di TPU Pemakaman Atas Angin di kelurahan setempat. "Korban rencananya akan dimakamkan di TPU setempat, dan kemarin petugas kepolisin juga meninjau lokasi rumah korban," terangnya.

4. Kematian petugas KPPS juga terjadi di berbagai daerah

Diduga Kelelahan, Seorang Anggota KPPS Asal Tuban Meninggal DuniaIlustrasi jenazah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebelumnya, kasus serupa juga terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Sejumlah anggota KPPS meninggal dunia lantaran kelelahan saat bertugas. Mereka kebanyakan kelelahan karena proses pemilihan umum dilakukan secara serentak sehingga banyak waktu dan tenaga yang terkuras. Maklum, tahun ini penghitungan surat suara meliputi calon presiden dan wakilnya, DPD, DPR RI, DPR provinsi, dan kabupaten.

Baca Juga: Anggota KPPS di Malang Meninggal, Begini Kronologinya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya