Comscore Tracker

Didapuk Sebagai Bapak Asuh Pelajar Papua, Kapolres: Ini Kebanggaan

Siap beri rasa aman terhadap pelajar Papua

Tuban, IDN Times- Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono didapuk sebagai bapak asuh, oleh sejumlah pelajar Provinsi Papua, Kamis (22/8), sore. Sejumlah pelajar asal Papua yang menimba ilmu di Bumi Wali (sebutan lain dari Kabupaten Tuban) itu mengaku terlindungi dan dihormati saat berada di Tuban.

Itu sebabnya menurut mereka, sudah sepatutnya Kapolres Tuban didaulat sebagai bapak asuh mereka. Pengangkatan sebagai bapak asuh sendiri ditandai dengan penyematan pita kepala khas Papua terhadap Kapolres. "Terimakasih bapak Kapolres, sudah mau menjadi bapak asuh kami," kata salah satu pelajar asal Papua, Yulita Maria.

1. Pelajar Papua merasa diperhatikan

Didapuk Sebagai Bapak Asuh Pelajar Papua, Kapolres: Ini KebanggaanIDN Times/ Imron

Yulita dan sejumlah pelajar asal Papua mengaku selama ini juga kerap diperhatikan. Perhatian itu tak sekadar bertatap muka dan ngobrol dengan polisi, tetapi memberikan rasa aman. "Para polisinya baik-baik, kami ucapkan terimakasih banyak kepada bapak asuh saya Kapolres Tuban," tegasnya.

2. Jangan percaya berita bohong

Didapuk Sebagai Bapak Asuh Pelajar Papua, Kapolres: Ini KebanggaanIDN Times/ Imron

Terkait konflik yang saat ini terjadi di bumi cendrawasih, Yulita berharap masyarakat di sana bisa menyudahinya. Selain itu dirinya juga mengajak masyarakat Papua agar tidak termakan berita bohong atau hoaks yang dapat berakibat perpecahan anak bangsa. "Bagi saudara kami di Papua, mari kita rajut kembali perdamaian," harap siswa yang saat ini menempuh pendidikan di SMAN 1 Tuban i ini.

Baca Juga: Wali Kota Malang dan Bupati Puncak Papua Bertemu di Tanah Minang

3. Jadi bapak asuh, Kapolres merasa bangga

Didapuk Sebagai Bapak Asuh Pelajar Papua, Kapolres: Ini KebanggaanIDN Times/ Imron

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono mengaku bangga usai didapuk sebagai bapak asuh oleh sejumlah pelajar asal Papua. Dia mengaku tidak mengetahui jika akan didaulat menjadi bapak asuh oleh para pelajar.

"Ini merupakan sebuah kehormatan bagi saya selaku Kapolres Tuban. Dan saya tadi kebetulan tidur kemudian dibangunkan, pas bangun dikasih tahu acara ini," katanya.

4. Janji bakal tindak ormas yang ganggu pelajar Papua

Didapuk Sebagai Bapak Asuh Pelajar Papua, Kapolres: Ini KebanggaanIDN Times/ Imron

Kapolres berjanji akan memberikan perlindungan kepada belasan pelajar asal Papua yang saat ini tengah belajar di Tuban itu. Bahkan, jika ada salah satu ormas yang menggangu ketentraman, Kapolres siap menindaknya. "Pokoknya siapapun dia, mau ormas ataupun lainnya jika berbuat onar saya akan tindak. Dan saya berharap agar bangsa Indonesia ini kembali damai dan aman," pungkasnya.

Baca Juga: Mahasiswa Papua di Bandung Tolak Undangan Ridwan Kamil

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You