Dianggap Meresahkan, Polisi Lamongan Razia Pedagang Petasan

Razia juga akan dilakukan di beberapa titik

Lamongan, IDN Times- Aparat kepolisian Polres Lamongan terus melakukan razia terhadap sejumlah pedagang petasan di sejumlah pasar di kabupaten tersebut, Senin (13/5). Hasilnya, polisi tidak menemukan adanya pedagang yang menjual petasan secara ilegal.

"Razia petasan yang kami Polres Lamongan gelar ini tujuannya untuk menertibkan para pedagang yang tidak memiliki izin. Dan hasilnya dalam razia hari ini semua pedagang yang kami razia mengantongi izin resmi," kata Kanit Turjawali Satuan Sabhara Polres Lamongan Ipda Witono Hariadi, kepada IDN Times di lokasi razia.

1. Petasan yang dijual para pedagang memiliki daya ledak kecil

Dianggap Meresahkan, Polisi Lamongan Razia Pedagang PetasanIDN Times/ Imron

Witono menuturkan, hasil razia menunjukkan pedagang di pasar Baru Lamongan hanya menjual jenis petasan dengan daya ledak rendah. "Kami tidak menemukan jenis petasan yang memiliki daya ledak tinggi. Semua pedagang di pasar Baru Lamongan hanya menjual petasan yang memang boleh untuk dijual," tegasnya.

Baca Juga: Suporter Tewas Karena Petasan, Sekjen PSSI Menangis dan Prihatin

2. Petasan yang dijual para pedagang berasal dari Kabupaten Gresik

Dianggap Meresahkan, Polisi Lamongan Razia Pedagang PetasanIDN Times/ Imron

Sementara, petasan yang banyak dijual oleh para pedagang di pasar Baru Lamongan rata-rata didapatkan dari sejumlah agen petasan asal Kabupaten Gresik. Harga petasan bervariasi antara 3 ribu hingga 10 ribu rupiah. "Informasi yang kami terima dari para pedagang jika petasan yang mereka jual ini berasal dari salah satu pedagang asal Kabupaten Gresik dan ini juga mempunyai izin resmi," imbuhnya.

3. Ciptakan rasa aman bagi masyarakat yang menjalankan puasa Ramadan

Dianggap Meresahkan, Polisi Lamongan Razia Pedagang PetasanIDN Times/ Imron

Razia petasan yang gencar dilakukan oleh para petugas kepolisian Polres Lamongan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang tengah menjalani ibadah puasa.

"Pastinya jika ada suara ledakan yang dihasilkan dari petasan akan sangat mengganggu mereka yang beribadah. Ini yang perlu kita antisipasi bersama," kata perwira polisi berpangkat satu balok di pundaknya ini.

4. Razia petasan juga akan dilakukan di beberapa titik

Dianggap Meresahkan, Polisi Lamongan Razia Pedagang PetasanIDN Times/ Imron

Lebih lanjut ia mengatakan, razia petasan tak hanya dilakukan di Pasar Baru Lamongan. Razia serupa juga akan terus digalakkan di seluruh wilayah Lamongan, terutama pedagang yang menggelar dagangannya di sejumlah jalan raya. "Razia tidak hanya hari ini saja kita lakukan tetapi hal serupa juga terus kita lakukan dengan sejumlah anggota polisi di Lamongan," pungkasnya.

Baca Juga: 8 Fakta Soal Sejarah Petasan yang Wajib Kamu Tahu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya