Demokrasi Kerap Lahirkan Hoaks, Zulkifli Minta Emak-emak Jadi Pelopor

Kalau emak-emak udah turun, ada yang berani macem-macem?

Lamongan, IDN Times - Ketua Umun PAN Zulkifli Hasan menyebut, bahwa demokrasi di Indonesia sering melahirkan kegaduhan dan berita bohong atau hoaks yang kerap menimbulkan perpecahan. Zulkifli pun menilai jika demokrasi di negara ini masih perlu dikoreksi dan dibenahi. "Hoaks sana sini, saling serang antar kubu, ada yang salah dalam implementasinya, ini yang mesti kita koreksi bersama," kata Zulkifli saat memberikan sambutan kepada ratusan kader PAN di Lamongan, Selasa (29/1). 

1. Demokrasi di Indonesia sangat mahal

Demokrasi Kerap Lahirkan Hoaks, Zulkifli Minta Emak-emak Jadi PeloporIlustrasi demokrasi dan kebebasan berpendapat (Pixabay/Wokandapix)

Menurut Zulkifli, demokrasi di Indonesia sangat mahal karena cenderung transaksional. Ia merujuk pada masih banyaknya pemilih yang memilih hanya karena diiming-imingi bahan kebutuhan pokok seperti sembako dan uang tunai. 

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi, Ratusan Rumah di Lamongan Terendam Banjir

Demokrasi Kerap Lahirkan Hoaks, Zulkifli Minta Emak-emak Jadi PeloporIDN Times/ Imron

Selain itu, ia juga menilai bahwa Demokrasi masih belum sejalan dengan asa atau harapan rakyat Indonesia. Sebaliknya, masyarakat juga diminta untuk tidak menafsirkan bahwa pemilu yang berjalan satu hari sebagai penentu akhir dari proses demokrasi. Masyarakat diminta tetapi mengawalnya sampai tuntas.

2. Emak-emak diminta menjadi pelopor demokrasi yang baik

Demokrasi Kerap Lahirkan Hoaks, Zulkifli Minta Emak-emak Jadi PeloporIDN Times/ Imron

Untuk itu pihaknya berharap ke depannya demokrasi di negara ini bisa berjalan dengan baik. Bahkan ia meminta agar emak-emak di Lamongan bisa menjadi pelopor, pemilih yang berkualitas dan pemilih yang damai.

"Kalau bisa kita semua harus memilih pemimpin yang benar-benar mencintai rakyatnya, mencintai para ulamanya dan tentunya kerja kerasnya bisa kita rasakan bersama-sama," imbuhnya.

3. Zulkifli memberikan wawasan kebangsaan kepada emak-emak

Demokrasi Kerap Lahirkan Hoaks, Zulkifli Minta Emak-emak Jadi PeloporIDN Times/ Imron

Selain menyapa kader partai di daerah. Zulkifli Hasan juga memberikan wawasan kebangsaan kepada ibu-ibu di Kabupaten Lamongan. Acara tersebut digagas oleh DPD PAN Lamongan.

Selain Kabupaten Lamongan, rencananya Zulkifli Hasan juga akan berkunjung ke sejumlah daerah di Jatim, seperti Madura, Tuban, Bojonegoro dan sejumlah daerah lainnya. "Jadi kunjungan saya ke daerah ini adalah untuk menyapa sejumlah kader dan masyarakat di Jawa Timur, beberapa kabupaten kota yang bakal kita singgahi bersama bang Haji Roma Irama," katanya. 

Baca Juga: Zulkifli Minta Penegak Hukum Menjelaskan Penahanan Ahmad Dhani

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya