Comscore Tracker

Caleg Lamongan Ditangkap Akibat Bawa Uang Miliaran, Ini Kronologinya

Diduga akan digunakan untuk serangan fajar

Lamongan, IDN Times- Seorang Caleg diamankan polisi di Mapolres Lamongan, Senin (15/4), malam. Ia ditangkap lantaran membawa uang lebih dari Rp1miliar. Penangkapan politikus yang belakangan diketahui bakal bertarung di kancah kursi DPRD provinsi Jawa Timur itu juga sudah dibenarkan oleh Polres Lamongan.

1. Caleg yang ditangkap diperiksa Tim Gakumdu

Caleg Lamongan Ditangkap Akibat Bawa Uang Miliaran, Ini KronologinyaIDN Times/Imron

Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung mengatakan, saat ini caleg itu telah diperiksa oleh tim sentral Gakumdu. Polisi belum bisa menyimpulkan apakah uang yang dibawa oleh caleg partai tertentu ini ada dugaan pidana pemilu. "Benar ada, kita mengamankan. Cuma kami meminta waktu satu kali 24 jam untuk memberikan jawaban lebih lanjut," Feby usai mengelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu 2019 di Alun-alun Kota Lamongan, Selasa (16/4).

2. Uang senilai Rp1 miliar lebih ditaruh di dalam mobil

Caleg Lamongan Ditangkap Akibat Bawa Uang Miliaran, Ini KronologinyaIDN Times/Imron

Selain mengamankan keduanya, polisi juga menyita bendera atau atribut partai tertentu dan uang tunai yang masih terbungkus rapi dari dalam mobil Toyota Inova putih. "Saat dilakukan pemeriksaan, di dalam mobil ditemukan sebuah bendera partai. Untuk identitas pelaku, nanti ya nunggu hasil pemeriksaan," ujarnya.

3. Ditangkap saat razia rutin yang dilakukan polisi

Caleg Lamongan Ditangkap Akibat Bawa Uang Miliaran, Ini KronologinyaIDN Times/Imron

Sementara itu terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Lamongan Miftahul Badar saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, penangkapan  itu dilakukan saat petugas kepolisian menggelar razia rutin di seputaran jalan raya Pantura Lamongan-Surabaya atau tepatnya di sebelah barat Stadion Surajaya Lamongan. Saat itu, polisi menyetop mobil putih dan memeriksanya. Saat diperiksa petugas menemukan uang miliaran rupiah.

4. Hari ini Bawaslu akan menggelar pleno

Caleg Lamongan Ditangkap Akibat Bawa Uang Miliaran, Ini KronologinyaIDN Times/Imron

Kemudian, keduanya langsung dibawa ke Mapolres Lamongan untuk dimintai keterangan. Saat ditanya apakah uang yang dibawa oleh caleg itu hendak akan dijadikan serangan fajar atau politik uang, Badar Enggan menjawabnya.

"Kita masih belum bisa menyimpulkan apakah itu uang yang akan dibuat politik uang atau tidak, tapi yang jelas tadi malam petugas kepolisian menangkap caleg dan kita minta bersabar dulu karena ini masih kita pleno bersama tim Gakumdu," pungkasnya.

Baca Juga: Diduga untuk Politik Uang, Polda Amankan Uang Rp1 miliar di Lamongan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You