Bikin Resah, Dua Ular Piton Ngumpet di Atap Rumah Warga Tuban

Ular piton itu membuat warga enggan masuk ke rumah

Tuban, IDN Times - Dua ekor ular piton bersembunyi di atap rumah Renggo Hartono, warga Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Senin (18/4/2022). Dua ular piton yang melilit di antara langit-langit kayu penyangga rumah tersebut membuat keluarga Hartono ketakutan. Akibatnya seluruh keluarga Hartono engan masuk ke dalam rumah. Selanjutnya Hartono meminta pertolongan kepada Dinas Damkar Tuban.

1. Butuh waktu satu jam untuk mengevakuasi dua ular piton

Bikin Resah, Dua Ular Piton Ngumpet di Atap Rumah Warga TubanIlustrasi Ular Piton. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Kabid Damkar Satpol PP Tuban, Sutaji mengatakan, dua ekor ular yang bersarang di atap langit rumah warga Palang tersebut kemudian dievakuasi oleh petugas. Butuh waktu satu jam lamanya untuk mengevakuasi ular piton yang diperkirakan memiliki panjang 4 dan 5 meter itu ke bawah.

"Setelah kami menerima laporan dari pemilik rumah, sejumlah petugas langsung menuju ke lokasi dan ular berhasil kita evakuasi," jelasnya.

Baca Juga: Cari Ikan di Sungai, Kakek Asal Tuban Ini Malah Dapat Ular Piton

2. Ular piton yang berhasil dievakuasi kemudian dibawa ke tempat yang lebih aman

Bikin Resah, Dua Ular Piton Ngumpet di Atap Rumah Warga TubanPetugas Damkar Tuban saat mengevakuasi ular piton yang bersembunyi di atap rumah warga. Dok Damkar Tuban

Setelah berhasil mengevakuasi. Dua ular piton tersebut kemudian dibawa petugas ke tempat yang lebih aman. Sementara keluarga Hartono sudah berani masuk ke dalam rumah setelah sebelumnya merasa takut karena teror dua ular piton tersebut. 

"Tepat pukul 00.45 petugas berhasil mengevakuasi ular piton tersebut dan kegiatan penanganan ular berjalan lancar kemudian penghuni rumah sekarang tidak merasa ketakutan lagi," jelas Mantan Camat Bancar ini.

 

3. Petugas meminta masyarakat menerapkan hidup bersih agar terhindar dari ular

Bikin Resah, Dua Ular Piton Ngumpet di Atap Rumah Warga TubanUnsplash/Kristijan Arsov

Usai melakukan penanganan terhadap dua ular piton, petugas kemudian memberikan edukasi kepada masyarakat yang saat itu hadir dan menyaksikan proses evakuasi dua ular piton tersebut. Dengan cara menjaga kebersihan di sekitar rumah. Karena dengan lingkungan yang bersih ular dan juga tikus tidak akan masuk ke rumah.

"Ular piton ini sering berada di daerah yang banyak sumber makanannya. Nah kalau di dalam rumah kotor dan banyak tikusnya bisa saja ia akan membuat sarang di sana. Serta jangan lupa kalau ada ular segera laporkan ke petugas," pungkasnya.

Baca Juga: Melihat Budidaya Ular Piton yang Dilakukan Warga Tulungagung

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya