Bakar Alat Kampanye Prabowo-Sandi, Pria Ini Rekam dan Unggah di Medsos

Wah, yang kaya gini yang memperkeruh suasana

Lamongan, IDN Times- Diduga karena terpengaruh komentar negatif tentang politik di media sosial Facebook, seorang pria di Lamongan berinisial MH (26) nekat membakar Alat Peraga Kampanye (APK) calon presiden dan wakilnya Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Pembakar APK berukuran sekitar 1 x 1,65 meter, lantas memancing reaksi dari para relawan dan tim sukses capres dan wakilnya nomor urut 02, di Lamongan. Kasus ini kemudian dilaporkan ke Bawaslu Kabupaten Lamongan karena diduga melanggar UU Pemilu Pasal 280 ayat (1) huruf (G).

1. Pelaku pembakar dilaporkan ke Bawaslu

Bakar Alat Kampanye Prabowo-Sandi, Pria Ini Rekam dan Unggah di MedsosIDN Times/ Istimewa

Menurut Koordinator Tim Advokasi dan Hukum BPN Prabowo-Sandi Kabupate Lamongan Dimyati, kasus pembakaran APK ini sudah dilaporkan ke Bawaslu Kabupaten Lamongan. Ia berharap Bawaslu dapat menindaklanjuti laporan tersebut.  "Jadi kasus ini sudah kita laporkan, ke Bawaslu Lamongan," kata Dimyati, saat dihubungi IDN Times.

2. Kasus ini juga akan dilaporkan kepada pihak kepolisian

Bakar Alat Kampanye Prabowo-Sandi, Pria Ini Rekam dan Unggah di MedsosIDN Times/ Istimewa

Selain membawa kasus tersebut ke Bawaslu Lamongan, kasus ini juga akan dilaporkan ke Polres Lamongan. Dimyati menilai bahwa kasus ini juga masuk ke ranah hukum. "Karena spanduk yang dibakar ini merupakan milik dari para relawan bukan APK dari tim sukses," katanya.

3. Pelaku membakar APK Prabowo-Sandi yang menempel di pohon

Bakar Alat Kampanye Prabowo-Sandi, Pria Ini Rekam dan Unggah di MedsosIDN Times/ Istimewa

Kasus pembakar APK kata Dimyati, berawal, saat MH tengah asik nongkrong di warung bakso milik Ibu Nur Desa Turi Banjaran, Kecamatan Maduran sembali asyik main Facebook. Kemudian pada pukul 00.48 WIB HM, tiba-tiba membakar banner Capres nomor urut 02 Prabowo-Sandi yang menempel di pohon Ketapang.

"Saya belum tahu apakah pelaku ini merupakan anggota tim sukses salah satu capres atau pendukung caleg tertentu atau masuk dalam tim kemenangan, masih belum jelas. Kasus ini baru kita sampaikan ke Bawaslu," katanya.

Baca Juga: Minta Datang ke Rumahnya, Guru di Lamongan Diduga Cabuli Siswa

4. Pelaku kemudian mengugah video pembakaran di Facebook

Bakar Alat Kampanye Prabowo-Sandi, Pria Ini Rekam dan Unggah di MedsosPexels/Tracy Le Blance

Saat membakar APK Prabowo-Sandi, pelaku merekamnya dan mengunggah video tersebut ke dunia maya. Sontak, kejadian pembakaran APK yang sudah ditonton banyak penguna Facebook itu kemudian ditanggapi oleh sejumlah relawan capres 02. "Banyak yang memberikan komentar negatif. Karena banyaknya komentar negatif tersebut akun Facebook MH tidak bisa dibuka atau terblokir," jelasnya.

5. Kasus pembakar APK sudah ditindaklanjuti Bawaslu

Bakar Alat Kampanye Prabowo-Sandi, Pria Ini Rekam dan Unggah di MedsosANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sementara itu terpisah, Anggota Komisioner Bawaslukab Lamongan, Amin Wahyudin membenarkan laporan dugaan kasus pembakar APK oleh salah seorang warga Lamongan. Kasus ini pun tengah diselidiki oleh Bawaslu dengan melakukan klarifikasi kepada pihak terlapor, saksi, dan pihak terkait. "Jadi kasus ini masih kita tangani dan kami punya waktu penanganan maksimal 14 hari sejak laporan diregistrasi," jelasnya.

Baca Juga: Bupati Fadeli: Kasus Stunting di Lamongan Sudah 14,4 persen

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya