Comscore Tracker

Bakar 4.444 Terong, Santri di Lamongan Catatkan Rekor MURI

Para santri juga diajak doakan Indonesia

Lamongan, IDN Times- Puncak peringatan Hari Santri 2019 di Kabupaten Lamongan ditandai dengan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Rekor yang dipecahkan adalah bakar terong dan memasak nasi liwet di halaman komplek Ponpes Al Fatimiyah, Banjaranyar, Kecamatan Paciran, Lamongan, Sabtu (26/10).

Total ada 4.444  sayur terong yang dibakar oleh ribuan santri yang datang dari berbagai lembaga pendidikan yang tersebar di Kecamatan Paciran dan sekitarnya. Selain para santri, sejumlah pengasuh pondok pesantren juga ikut dalam kegiatan tersebut.

1. Ribuan santri diajak membaca selawat nariyah sebanyak 4.444 kali

Bakar 4.444 Terong, Santri di Lamongan Catatkan Rekor MURIRibuan santri di Lamongan catatkan rekor muri. IDN Times/Imron

Sekretaris PC RMI NU Lamongan, Ahmad Hanif Fahruddin kepada IDN Times mengatakan, aksi bakar terong berjumlah 4.444 kali itu juga menjadi ajang silaturrahmi dengan sesama santri. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendoakan bangsa Indonesia, dengan mengajak para santri untuk membaca Selawat Nariyah berjumlah 4.444 ayat. "Kegiatan ini juga ajang silaturahmi antar para santri di pondok pesantren di Lamongan," jelasnya.

Bakar 4.444 Terong, Santri di Lamongan Catatkan Rekor MURIPara santri berasal dari berbagai daerah di Lamongan. IDN Times/Imron

"Jadi sambil membakar terong mereka juga membacakan selawat nariyah, amalan ini kita baca agar hajat hidup seorang santri terkabul, dan bangsa Indonesia senantiasa diberikan rasa aman" katanya.

2. Bakar terong dan memasak nasi liwet adalah budaya khas para santri

Bakar 4.444 Terong, Santri di Lamongan Catatkan Rekor MURIPerwakilan MURI menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu pengasuh pondok pesantren di Lamongan. IDN Times/Imron

Hanif mengatakan, bakar terong dan memasak nasi liwet dipilih karena merupakan kebiasaan dari para santri. "Selain cara bikinnya sangat sederhana, terong juga dipercaya punya kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh." jelasnya.

3. Aksi bakar terong masal masuk ke dalam rekor MURI yang ke-9.255

Bakar 4.444 Terong, Santri di Lamongan Catatkan Rekor MURIRibuan santri di Lamongan catatkan rekor Muri bakar terong sebanyak 4.444 buah. IDN Times/Imron

Sementara itu, Senior Manager MURI, Ariyani Siregar mengungkapkan, sebagai bukti atas prestasi yang diraih, mereka menganugerahkan piagam penghargaan kepada panitia.

"Jadi Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) adalah lembaga pencatat rekor pertama di Indonesia yang didirikan pada 27 Januari 1990. Dan ini adalah rekor yang ke-9225," pungkasnya.

Baca Juga: Cetak Rekor MURI, Festival Hudoq Crossborder 2019 Torehkan Sejarah

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya