Antisipasi Lonjakan Pemudik, Pemprov Tambah Armada Tranportasi

Pasokan BBM juga dipastikan aman

Tuban, IDN Times- Pemerintah Provinsi Jatim bakal menambah sejumlah armada transportasi baik darat dan laut. Penambahan armada transportasi tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang saat mudik dan arus balik lebaran.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, usai menghadiri acara panen raya buah melon di Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Sabtu (11/5) mengatakan, penambahan armada transportasi juga akan dibahas dengan beberapa pihak salah satunya Menteri Perhubungan. "Jadi rencananya kita akan menggelar rapat dengan bapak menteri perhubungan untuk memerahkan lokasi mana saja yang bakal dipadati penumpang. Itu kita petahkan semuanya," kata Khofifah.

1. Pastikan pasokan BBM aman saat mudik dan arus balik lebaran

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Pemprov Tambah Armada TranportasiIDN Times/ Imron

Dalam waktu dekat, lanjut Khofifah, Menteri ESDM juga bakal berkunjung ke wilayah Pantura. KUnjungan itu dalam rangka mengecek dua lokasi transmisi di Surabaya dan Tuban.

Dua lokasi ini akan dijadikan lokasi tempat pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi para pemudik. "Insya Allah besok bapak menteri ESDM juga akan meninjau dua lokasi yang akan dijadikan transmisi pengisian BBM bagi para pemudik, di Surabaya dan Tuban," jelasnya.

2. Tambah enam unit lokasi pengisian bahan bakar

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Pemprov Tambah Armada TranportasiIDN Times/ Imron

Selain dua unit transmisi tempat pengisian BBM, ada enam sub unit lokasi transmisi pengisian bahan bakar minyak di sepanjang jalur Pantura. Bagi para pengendara mobil yang kehabisan bahan bakar, pemerintah juga akan menyediakan unit transmisi mobile. "Kita ingin yang akan mudik dan akan melakukan arus balik, bahan bakar mereka aman tidak kehabisan," ujarnya. Sementara terkait dengan kemacetan di sejumlah titik lokasi, hal ini juga akan dibahas dengan menteri perhubungan.

3. Ke Tuban, Gubernur Jatim didampingi para pejabat

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Pemprov Tambah Armada TranportasiIDN Times/ Imron

 Saat berkunjung ke Kabupaten Tuban Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga didampingi oleh Bupati Tuban, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jatim dan sejumlah pejabat teras dinas pertanian baik provinsi maupun kabupaten. Saat tiba di lokasi, Khofifah langsung dikerumuni warga untuk bersalaman dan foto selfi.

Baca Juga: Menteri Rini dan Jasa Raharja Cek Data Calon Peserta BUMN Mudik Bareng

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya