Angin Puting Beliung Terjang Bojonegoro, Puluhan Rumah Rusak Parah

Juga memutus aliran listrik

Bojonegoro, IDN Times - Angin puting beliung menerjang Kabupaten Bojonegoro. Kejadian itu terjadi di tiga Kecamatan yaitu, Kalitidu, Gayam, dan Malo, pada Kamis (28/3). Akibatnya, puluhan rumah warga dan sebuah gudang rusak parah.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Bojonegoro, Nadif Ulfia, membenarkan kejadian tersebut. Saat ini petugas BPBD setempat telah melakukan pendataan dampak kejadian itu.

Baca Juga: Tapanuli Tengah Diterjang Angin Puting Beliung, 5 Rumah Rusak Berat

1. Satu rumah milik warga rata dengan tanah

Angin Puting Beliung Terjang Bojonegoro, Puluhan Rumah Rusak ParahIDN Times/ Istimewa

Sebelum peristiwa terjadi, kata Ulfia, sejumlah warga menyaksikan awan pekat hitam di langit dari arah selatan dan barat Kecamatan Kalitidu. Selang beberapa menit kemudian hujan bercampur angin pun terjadi.

Warga yang melihat kejadian itu langsung berhamburan keluar dari rumah dan menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman. Akibat kejadian itu, sebuah rumah milik warga bernama Rusdi di Desa Banaran, Kecamatan Malo, roboh.

"Terjadi angin kencang bercampur hujan yang menerjang beberapa kecamatan di Bojonegoro," kata Ulfia, Jumat (29/3).

2. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut

Angin Puting Beliung Terjang Bojonegoro, Puluhan Rumah Rusak ParahIDN Times/ Istimewa

Meskipun begitu, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Hanya saja, menurut Ulfia, warga yang mengetahui kejadian itu masih syok, lantaran menyaksikan angin puting beliung menghancurkan rumah mereka.

"Alhamdulillah korban jiwa tidak ada. Mamun, beberapa warga sangat ketakutan terutama mereka yang masih berusia anak-anak," imbuh dia.

3. Kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah

Angin Puting Beliung Terjang Bojonegoro, Puluhan Rumah Rusak ParahIDN Times/ Istimewa

Ulfia memperkirakan kerugian akibat bencana alam puting beliung mencapai puluhan juta rupiah. Ini karena banyak rumah yang roboh karena terjangan puting beliung.

"Kalau kerusakan rumah, rata-rata rusak di bagian atap mereka. Terus salah satu gudang milik warga juga ambruk rata dengan tanah. Kami belum bisa menyimpulkan berapa kerugian. Namun, pastinya mencapai jutaan rupiah," kata Ulfia.

4. Angin puting beliung juga mengakibatkan APK rusak

Angin Puting Beliung Terjang Bojonegoro, Puluhan Rumah Rusak ParahIDN Times/ Istimewa

Selain mengakibatkan puluhan rumah rusak berat dan ringan, angin puting beliung juga menyebabkan pohon tumbang dan puluhan Alat Peraga Kampanye (APK) rusak parah. Selain itu, angin puting beliung juga mengakibatkan aliran listrik terputus dan banyak tiang listrik PLN tertimpa pohon yang tumbang.

"Sebagian wilayah listriknya padam karena tertimpa pohon. Untuk bantuan sendiri kami juga sudah berikan," bebernya.

Beberapa desa di tiga kecamatan terkena angin puting beliung, yaitu Desa Cengungklung dan Manukan, Desa Banaran, Trembes, Semlaran, dan Tanggir. 

Baca Juga: Dua Rumah di Bojonegoro Rusak Diterjang Banjir

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya