Anggota DPRD Bojonegoro Tewas Gantung Diri di Pohon Nangka

Sebelum ditemukan tewas korban kerap mendatangi lokasi

Bojonegoro, IDN Times- Salah satu anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro berinisial RS ditemukan tewas gantung diri di pohon nangka di Kecamatan Gayam, Bojonegoro, Sabtu (16/4/2022), pagi. Belum diketahui secara pasti penyebab korban nekat mengakhiri hidupnya. Namun akibat kejadian itu masyarakat setempat mengaku kaget.

1. Korban hendak dibangunkan untuk makan sahur bersama keluarga

Anggota DPRD Bojonegoro Tewas Gantung Diri di Pohon NangkaIlustrasi Bunuh Diri (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolsek Gayam, AKP Bambang Tenggani mengatakan, aksi bunuh diri tersebut pertama kali diketahui oleh pihak kelurahan yang saat itu curiga dengan keberadaan korban yang tak ada di rumah. Istri korban yang saat itu berniat untuk membangunkan korban agar makan sahur tiba-tiba sudah tidak mendapati korban di dalam kamarnya. Sang istri pun akhirnya melakukan pencarian.

"Sekitar pukul 02.30 WIB, istri korban hendak membangunkan suami untuk makan sahur bersama. Ternyata pas dibangunkan, korban sudah tidak ada di rumah. Kemudian dilakukan pencarian," kata Bambang.

2. Korban ditemukan oleh keponakan sudah dalam keadaan gantung diri

Anggota DPRD Bojonegoro Tewas Gantung Diri di Pohon NangkaIlustrasi Bunuh Diri (IDN Times/Arief Rahmat)

Karena tak ada di rumah, istri korban akhirnya meminta bantuan kepada sanak keluarga untuk mencari keberadaan korban. Setelah dicari, lanjut Bambang, keponakan korban berhasil menemukan saudara RS sudah dalam keadaan menggantung di pohon nangka yang lokasinya tak jauh dari rumah korban. 

Kasus ini kemudian dilaporkan ke polisi. Petugas pun langsung melakukan evakuasi terhadap korban dan membawanya ke rumah duka. "Untuk penyebab korban ini nekat bunuh diri masih kita lakukan penyelidikan. Namun dari hasil keterangan keluarga korban ini sering mengeluh akibat peristiwa kecelakaan yang dialami satu tahun lalu," jelasnya.

Baca Juga: Pria di Bojonegoro Tusuk Mantan Istri, Lalu Coba Bunuh Diri

3. Korban beberapa hari terakhir sering mendatangi lokasi yang dijadikan bunuh diri

Anggota DPRD Bojonegoro Tewas Gantung Diri di Pohon Nangkailustrasi bunuh diri (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelum ditemukan tewas gantung diri, korban beberapa hari terakhir ini terlihat gelisah dan sering berada di pohon nangka tempat korban bunuh diri. Hal ini didasarkan pada keterangan para tetangga korban. Setiap ditanya oleh warga, korban mengaku mencari burung.

"Banyak yang melihat korban sering mendatangi lokasi itu, katanya sih mau cari burung dan sekedar jalan-jalan," pungkasnya.

 

 

Mari bersama cegah perilaku bunuh diri 

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565

RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467

RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841

RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601

RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:

Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com

Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID

Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

Baca Juga: Wakil Bupati Bojonegoro Jalani Sidang Praperadilan Perdana

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya