Akibat Hujan, Pohon Tumbang di Bojonegoro Timpa Mobil, Sopir Selamat

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu

Bojonegoro, IDN Times - Sebuah pohon besar yang berukuran sekitar 10 meter tumbang di Jalan Raya Babat, Bojonegoro, Kamis (17/1). Akibatnya, sebuah mobil yang sedang melaju dari arah Babat, Lamongan ke Bojonegoro tertimpa pohon. 

Plt Kepala BPBD Kabupaten Bojonegoro, Ulfia, membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan jika telah memperoleh laporan ada pohon tumbang dan mengenai sejumlah mobil dan motor yang tengah terparkir. 

"Iya memang benar tadi malam ada mobil dan motor yang tertimpa pohon cukup besar dan mengalami kerusakan di bagian atap," kata Ulfia, pada Jumat (18/1)

Baca Juga: Hujan Sepanjang Hari, Warga Sulsel Diimbau Waspada Puting Beliung

1. Pohon roboh juga terjadi di beberapa titik Bojonegoro

Akibat Hujan, Pohon Tumbang di Bojonegoro Timpa Mobil, Sopir SelamatDok. IDN Times/ Istimewa

Ulfia menjelaskan, jika sejumlah pohon juga tumbang di beberapa wilayah Bojonegoro, seperti ruas Jalan Desa Sukowati, Jalan Babat Bojonegoro. Bahkan, sebuah pohon tumbang di Desa Plesungan, Kecamatan Kapas, menimpa sepeda motor yang sedang parkir. 

Ada juga pohon tumbang di Jalan Pemuda, Desa Ngrowo, Kecamatan Bojonegoro, menimpa mobil yang sedang parkir milik pengunjung masjid. Bahkan, pohon tumbang juga terjadi di Jalan Gajah Mada Desa Sukorejo.

"Ada empat lokasi yang terjadi pohon roboh ada yang mengenai mobil yang tengah parkir dan motor," katanya.

2. Tidak ada korban jiwa karena kejadian itu

Akibat Hujan, Pohon Tumbang di Bojonegoro Timpa Mobil, Sopir SelamatDok. IDN Times/ Istimewa

Beruntung, banyaknya pohon tumbang tidak memakan korban jiwa. Sejumlah korban yang kendaraannya terkena pohon tumbang, kata Ulfia, tidak mengalami luka serius. 

Akan tetapi, kendaraan yang tertimpa pohon roboh mengalami kerusakaan. "Pada saat pohon tumbang di Jalan Babat Bojonegoro pemilik mobil memang berada di dalam mobil, tapi pada saat kejadian, ia langsung keluar menyelamatkan diri. Untuk mobil yang terparkir di halaman masjid kebetulan orangnya tidak ada, begitu juga pemilik motor," jelasnya.

3. Pohon tumbang akibatkan kemacetan panjang di Jalan Raya Babat Bojonegoro

Akibat Hujan, Pohon Tumbang di Bojonegoro Timpa Mobil, Sopir SelamatDok. IDN Times/ Istimewa

Adanya pohon tumbang, ujar Ulfia, mengakibatkan lalu lintas macet. Apalagi, petugas pemadam kebakaran juga sempat kesulitan mengevakuasi pohon yang tumbang di pinggir jalan.  

"Jadi petugas di lapangan saat memotong pohon menjadi beberapa bagian itu mengalami kesulitan, karena hujan yang mengguyur wilayah tersebut sangat deras ditambah lagi dengan kondisi angin kencang," jelasnya.

4. Masyarakat diminta waspada terhadap bencana alam

Akibat Hujan, Pohon Tumbang di Bojonegoro Timpa Mobil, Sopir SelamatDok. IDN Times/ Istimewa

Ulfia meminta kepada masyarakat untuk waspada terhadap pohon tumbang yang disebabkan hujan deras dan disertai angin kencang itu. Menurutnya jika tengah berkendara di jalan raya dengan kondisi hujan lebat dan angin kencang, sebaiknya berhenti terlebih dahulu dan mencari lokasi berteduh yang lebih aman. 

Dia juga mengingatkan warga Bojonegoro yang tinggal di bantaran Sungai Bengawan Solo juga harus waspada jika air sungai meluap dikarenakan intensitas curah hujan yang tinggi. 

"Kami harapkan semua tetap waspada karena saat ini sudah memasuki musim hujan,"pungkas dia.

Baca Juga: Hujan Deras, 2 Rumah di Lereng Gunung Wilis Tertimpa Pohon Tumbang

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya