Comscore Tracker

AIESEC Ajak Pemuda Maksimalkan Kemampuan dalam Menghadapi Industri 4.0

Setiap individu harus mampu menjadi pemimpin yang baik

Surabaya, IDN Times- Untuk mengawali proses rekrutmen anggota baru, Association Internationale des Etuadiants Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC) in Surabaya menggelar webinar Join AIESEC Talk, yang mengangkat tema "Future Begins Today,” atau dorongan bagi para pemuda untuk memaksimalkan kemampuan yang mereka miliki sejak usia dini. 

Acara yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting, tersebut, ternyata mendapatkan sambutan lebih dari 200 kaum mellenial dari beberapa daerah di penjuru nusantara.

1. Menghadirkan empat narasumber alumni AIESEC

AIESEC Ajak Pemuda Maksimalkan Kemampuan dalam Menghadapi Industri 4.0Video zoom meeting AIESEC in Surabaya. Dokumentasi AIESEC

Join AIESEC Talk kali ini menghadirkan empat narasumber yang merupakan perwakilan pengurus dan alumni AIESEC in Surabaya. Masing-masing narasumber memberikan materi tentang pengalaman dan manfaat yang di dapatkan setelah menjadi anggota AIESEC. Khususnya para alumni yang berbagi cerita tentang dunia professional.

2. Setiap individu wajib mempunyai kemampuan untuk menjadi pemimpin

AIESEC Ajak Pemuda Maksimalkan Kemampuan dalam Menghadapi Industri 4.0Video zoom meeting AIESEC in Surabaya. Dokumentasi AIESEC

LC President AIESEC in Surabaya, Fadhel Maulana menyampaikan materi tentang AIESEC Way yang merupakan pedoman dasar bagi organisasi dan menekankan bahwa setiap individu harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan.

Ia memberikan sedikit pesan bagi para pemuda untuk selalu mengeksplorasi potensi diri dan mencari pengalaman. “Because in the end the only thing that really matters in our life are the experience you had taken. So, choose the path you want to take 
and hold on them tight,” kata Fadhel, Sabtu (12/09/2020). 

3. Pemuda harus bisa menyelesaikan masalah dengan baik

AIESEC Ajak Pemuda Maksimalkan Kemampuan dalam Menghadapi Industri 4.0Video zoom meeting AIESEC in Surabaya. Dokumentasi AIESEC

Senada dengan Fadhel, hal yang sama juga dikatakan alumni AIESEC Surabaya Mitha Menurut Mitha, kemampuan penyelesaian masalah dengan kompleks merupakan salah satu komponen penting untuk membangun kepemimpinan. Kemampuan tersebut juga harus didukung dengan pola pikir professional, self development (bagaimana kita bisa memberikan value untuk perkembangan diri sendiri), dan memberikam dampak positif bagi lingkungan sosial disekitar.

"Jadi materi seputar pengalaman organisasi di AIESEC dan juga mengasa kemampuan yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin di era revolusi industri 4.0," katanya.

Baca Juga: AIESEC Semarang Dorong Masyarakat #BangkitBersama untuk Berwirausaha  

4. Seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik

AIESEC Ajak Pemuda Maksimalkan Kemampuan dalam Menghadapi Industri 4.0Video zoom meeting AIESEC in Surabaya. Dokumentasi AIESEC

Sementara menurut Merlyn yang juga alumni AIESEC, karakteristik yang harus dimiliki seorang pemimpin, di antaranya kemampuan komunikasi dengan efektif, berpikir jangka panjang, dan mampu mengatur emosi dengan stabil.

Terpisah Local Head of Talent Management Lydia Puspahati menjelaskan, bagi para pemuda yang ingin mengembangkan kemampuan serta jiwa kepemimpinan, pendaftaran Join AIESEC masih dibuka hingga tanggal 17 September 2020 mendatang dengan mendaftar melalui aiesec.or.id/join-aiesec.

"Setiap tahunnya AIESEC juga membuka proses rekrutmen anggota baru, atau yang umum disebut sebagai Join AIESEC. Sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya , rangkaian Join AIESEC kali ini dilaksanakan secara daring," pungkasnya.

5. AIESEC in Surabaya sudah berdiri sejak 2000 yang lalu

AIESEC Ajak Pemuda Maksimalkan Kemampuan dalam Menghadapi Industri 4.0Video zoom meeting AIESEC in Surabaya. IDN Times/Istimewa

AIESEC merupakan organisasi pemuda internasional yang hadir di lebih dari 126 negara, salah satunya di Indonesia. Di Surabaya sendiri, AIESEC telah berdiri sejak tahun 2000. AIESEC hadir sebagai organisasi yang memiliki keyakinan bahwa pemuda adalah kunci untuk masa depan yang lebih baik.

Melalui AIESEC, pengembangan kepemimpinan pemuda dapat dilakukan melalui beragam program pertukaran seperti Global Volunteer, Global Teacher, dan  Global Talent. (ADVERTORIAL).

Baca Juga: AIESEC USU Gelar Diskusi Virtual Mapping Your Career, Creating Future

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya