5 Penyelam Temukan Bagian Kapal van der Wijck di Lamongan

Kapal van der Wijck berada di kedalaman 45 meter

Lamongan, IDN Times - Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) akhirnya berhasil mendokumentasikan keberadaan bagian yang diduga Kapal van der Wijck. Hasil itu diketahui setelah 5 orang regu penyelam melakukan pencarian di titik lokasi kapal tersebut pertama kali hilang tepatnya di perairan utara Kabupaten Lamongan, Kamis (14/10/2021), kemarin.

1. Butuh penelitian mendetail untuk memastikan apakah bangkai kapal itu van Der Wijck

5 Penyelam Temukan Bagian Kapal van der Wijck di LamonganTim BPCB Jatim saat melihat rekaman video eksplorasi bangkai kapal Van der Wijck. Dok Istimewa

Meski sudah berhasil mendokumentasi keberadaan bangkai Kapal van der Wijck. Namun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan masih perlu melakukan indentifikasi secara menyeluruh untuk memastikan apakah bangkai kapal yang tenggelam pada tahun 1936 itu adalah kapal van Der Wijck.

"Ini kan baru berhasil mendokumentasikan, tentunya masih perlu dilakukan indentifikasi lanjutan agar bisa memastikan bahwa kapal itu benar Kapal van der Wijck," kata Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disparbud Lamongan Miftah Alamuddin saat dihubungi IDN Times, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Kapal Van Der Wijck Ditemukan 17 Mil di Laut Brondong Lamongan

2. Tim BPCB Jatim akan kembali melakukan penyelaman

5 Penyelam Temukan Bagian Kapal van der Wijck di LamonganKolase Berbagai Sumber

Miftah mengatakan, rencananya eksplorasi bangkai Kapal Van der Wijck di perairan Lamongan akan dilanjutkan pada Sabtu esok. Pada penyelaman kali ini Disparbud Lamongan dan juga BPCB masih mengandeng nelayan lokal untuk proses pencarian.

"Masih sama seperti dulu kita bersama-sama dengan nelayan lokal mengeksplorasi bangkai kapal ini. Pada penyelaman kemarin saja kita juga dibantu oleh masyarakat setempat," jelasnya.

3. Bangkai Kapal van der Wijck berada di kedalaman 45 meter

5 Penyelam Temukan Bagian Kapal van der Wijck di LamonganTim BPCB Jatim saat melihat rekaman video eksplorasi bangkai kapal Van der Wijck. Dok Istimewa

Dalam eksplorasi bangkai Kapal van der Wijck di perairan utara Lamongan, lanjut Miftah kondisi alam di bawah laut dalam kondisi baik sehingga tim penyelam bisa dengan jelas mendokumentasikan kapal tersebut.

Sebelumnya juga diberitakan Arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho memperkirakan pajang kapal tersebut sekitar 100 meter dan melintang ke timur barat dan dalam keadaan rebah. Sementara posisi kapal sendiri berada di kedalaman 45 meter.

Baca Juga: Arus Kencang, Arkeolog Jatim Tunda Eksplorasi Kapal Van Der Wijck

Topik:

  • Zumrotul Abidin
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya