Comscore Tracker

4 CJH Tuban Gagal Berangkat, Termasuk Wakil Bupati

Salah satu jemaah haji yang gagal berangkat adalah Wabup

Tuban, IDN Times - Sedikitnya ada empat calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Tuban gagal berangkat ke tanah suci Makkah. Keempat CJH yang gagal berangkat tersebut dikarenakan ada yang terpapar COVID-19 hingga terganjal administrasi izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Salah satu CJH yang gagal berangkat yakni Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Riyadi.

1. Terganjal administrasi izin dari Kemendagri dan terkena COVID-19

4 CJH Tuban Gagal Berangkat, Termasuk Wakil BupatiCalon jamaah haji asal Kabupaten Tuban mulai bertolak ke Surabaya. Dok Humas Pemkab Tuban

Wabup Tuban, Riyadi gagal berangkat karena masih harus menunggu surat izin dari kementerian dalam negeri. Sementara jemaah lainnya ada yang terpapar COVID-19 dan ada juga yang masih melakukan isoman pasca menjalani operasi.

"Ada empat yang belum bisa berangkat naik haji kali ini, yang pertama ada pak Wabup Tuban Riyadi karena sebagian pejabat negara harus izin dulu ke Kemendagri dan lainnya sakit," kata Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, Jumat (3/6/2022).

2. Lindra pastikan 4 jemaah bisa berangkat naik haji tahun ini

4 CJH Tuban Gagal Berangkat, Termasuk Wakil BupatiSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Bupati yang disapa Lindra ini mengatakan, berdasarkan data dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban ada 450 CJH yang rencananya berangkat hari ini, namun empat di antaranya harus dipending akibat masalah administrasi. Sehingga yang diberangkatkan hanya berjumlah 446 saja.

"Insyaallah yang empat orang ini juga bisa berangkat ke tanah suci tahun ini, untuk pak Wabup sendiri suratnya juga sudah turun," jelasnya.

2. Calon jemaah diminta jaga kesehatan saat di Makkah

4 CJH Tuban Gagal Berangkat, Termasuk Wakil BupatiCalon jamaah haji asal Kabupaten Tuban mulai bertolak ke Surabaya. Dok Humas Pemkab Tuban

Pemberangkatan jamaah haji sendiri berlangsung sekitar pukul 05.30 wib. Dengan mengunakan 10 armada bus. Mereka jamaah haji diberangkatkan dari Pendopo Krida Manunggal Tuban. Selanjutnya mereka akan menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya terlebih dahulu, kemudian berangkat menuju Madinah pukul 08.00 wib keesokan harinya.

"Kita minta calon jamaah haji agar menjaga kesehatan di sana, mengingat cuaca di sini dengan di sana berbeda. Selalu perhatikan asupan makanan dan mudah-mudahan diberikan kelancaran dalam menjalankan semua ibadah, serta pulang ketanah air meraih predikat haji yang mabrur," pungkasnya.

Baca Juga: CJH Kloter 1 Mulai Masuk Asrama Haji Surabaya

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya