Jembatan di Bojonegoro Diterjang Banjir, Akses Warga Terganggu

Pemerintah akan bangun jembatan darurat untuk sementara

Bojonegoro, IDN Times - Jembatan yang menghubungkan antara Dusun Weru dan Karangnongko Desa Luwihaji Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro rusak parah akibat diterjang banjir, Sabtu (15/20/2022), malam. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun akibat rusaknya jembatan tersebut kini warga terpaksa harus mencari jalan alternatif lain, hingga melintasi Nambangan, Blora, Jawa Tengah yang jaraknya lebih jauh.

1. Jembatan itu longsor usia diterjang banjir selama dua hari

Jembatan di Bojonegoro Diterjang Banjir, Akses Warga TergangguGapura pintu masuk Kabupaten Bojonegoro. IDN Times/Imron

Camat Ngraho Masirin saat dihubungi mengatakan, rusaknya jembatan tersebut terjadi sekitar pukul 21.30 Wib. Saat itu, wilayah Ngraho sedang diguyur hujan lebat selama dua hari berturut-turut. Akibatnya, sungai meluap dan mengakibatkan pondasi jembatan longsor sedalam 5 meter.

"Iya putus tadi malam dan tidak bisa dilewati, ada jalan alternatif yang bisa dilalui masyarakat namun harus ke Desa Nambangan yang masuk kawasan Blora, Jawa Tengah," kata Masirin, Minggu (16/10/2022).

Baca Juga: Bojonegoro Dilanda Hujan Es, Ukurannya Segede Biji Jagung

2. Pemerintah akan bangun jembatan darurat untuk sementara waktu

Jembatan di Bojonegoro Diterjang Banjir, Akses Warga TergangguDiterjang banjir, jembatan di Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro putus. Dok Camat Ngraho

Masirin menjelaskan, jembatan yang menjadi akses satu-satunya warga setempat itu memiliki panjang 6 meter dan lebar 3 meter, serta tinggi 3 meter. Saat ini petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Forkompinda Ngraho berencana membuat jembatan darurat yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua saja.

"Ya untuk mengurangi terisolirnya warga kami beserta BPBD setempat akan membuat jembatan darurat sementara dari bambu, namun hanya bisa dilewati kendaraan roda dua saja," jelasnya.

3. Ada satu lagi jembatan di Ngraho yang rusak akibat banjir

Jembatan di Bojonegoro Diterjang Banjir, Akses Warga TergangguDiterjang banjir, jembatan di Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro putus. Dok Camat Ngraho

Masirin menjelaskan, selain jembatan Luwihaji ada satu lagi jembatan kecil di Kecamatan Ngraho yang juga mengalami kerusakan akibat diterjang banjir. Saat ini, lanjut Masirin kedua jembatan ini juga sudah dilaporkan ke BPBD Bojonegoro. 

"Ada dua mas yang rusak tapi jembatan satunya kecil dan kedua jembatan ini juga sudah kita laporkan ke BPBD, ya kita berharap pembangunan jembatan sementara atau darurat ini cepat selesai dan akses warga tidak terganggu," pungkasnya.

Baca Juga: Berlumuran Darah, Bayi Dibuang di Pekarangan Rumah Warga Bojonegoro

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya