Wali Kota Malang Jadi Juri Kehormatan dalam KIM Award 2020

KIM cegah disinformasi antara masyarakat dan pemerintah

Malang, IDN Times – Wali Kota Malang, Sutiaji, menjadi juri kehormatan pada acara Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Award 2020. Bertempat di Ngalam Command Center (NCC), dewan juri menilai KIM kelurahan yang telah lolos lima besar penilaian, antara lain KIM Tlogomas, KIM Lowokwaru, KIM Penanggungan, KIM Sukun dan KIM Parseh Jaya/Bumiayu.

Kelompok Informasi Masyarakat atau yang disebut KIM ini merupakan lembaga komunikasi perdesaan yang dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat secara mandiri serta kreatif yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.

1. Sutiaji menyampaikan saran terkait sinergitas antara KIM dan kelurahan

Wali Kota Malang Jadi Juri Kehormatan dalam KIM Award 2020Dewan juri KIM Award 2020. Dok.Humas Pemkot Malang

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Kominfo yang menggelar KIM Award 2020. Oleh karena itu, Wali Kota Malang Sutiaji turut menyampaikan saran terkait sinergitas antara KIM dan kelurahan. 

“Respons, ketika ada informasi keluhan dari masyarakat. Respons cepat dari kelurahan, ini amat sangat membantu berkaitan dengan eksistensi KIM. Jadi nanti KIM tidak hanya jadi simbol saja, tetapi akan mempunyai eksistensi di saat ada keluhan, langsung direspons,” ujarnya pada Kamis (5/11). 

Baca Juga: Wali Kota Malang: Ormas Punya Peranan Penting dalam Pembangunan Negara

2. Fungsi KIM menjadi katalisator dari program pemerintah dan apa yang jadi keluhan masyarakat

Wali Kota Malang Jadi Juri Kehormatan dalam KIM Award 2020KIM Award 2020. Dok.Humas Pemkot Malang

Menurut orang nomor satu di Kota Malang tersebut, bagaimana ketangguhan informasi jadi seluruh dokumen pembangunan dan perencanaan harus masuk dan disampaikan kepada masyarakat melalui KIM itu. Fungsi dari KIM tersebut memediasi atau menjadi katalisator dari program pemerintah, tetapi dia juga menjadi katalisator dari apa yang menjadi keluhan masyarakat.

Sebelumnya, Ketua Forum KIM Kota Malang, Pantjawati Yustikarini, melalui podcast ‘Kesiapan KIM Kota Malang Menuju KIM Award’ di akun YouTube Pemkot Malang mengatakan tujuan KIM Awards 2020 ini untuk proses seleksi mencari kandidat tim yang akan maju mewakili Kota Malang di ajang LJJK.

3. Diskominfo Jawa Timur optimalkan peran KIM dalam mencegah penyebaran hoaks

Wali Kota Malang Jadi Juri Kehormatan dalam KIM Award 2020KIM Award 2020. Dok.Humas Pemkot Malang

Dalam pertemuan yang berbeda, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Timur terus mendorong KIM agar mengoptimalkan perannya dalam mencegah penyebaran hoax. Hal ini dilakukan salah satunya dengan membuat forum pegiat medsos bertajuk peran ‘KIM sebagai Jurnalis Warga untuk Mencegah Penyebaran Hoax’.

“Peran KIM sudah direvitalisasi sebagai media jurnalisme warga menuju masyarakat informatif. Untuk itu diharapkan mampu mewujudkan masyarakat Jatim sebagai masyarakat informatif, pandai memilah informasi yang baik dan benar,” ujar Kepala Diskominfo Jatim, Benny Sampirwanto, dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Diskominfo Jatim, Aju Mustika Dewi. (CSC)

Baca Juga: Pemkot Malang Gencarkan Inventarisasi Barang Milik Daerah 

Topik:

  • Ester Ajeng
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya