Wali Kota Malang Terus Tingkatkan Literasi Baca Buku kepada Masyarakat

Upaya meningkatkan literasi masyarakat harus dilakukan

Malang, IDN Times - Wali Kota Malang, Sutiaji, berharap tingkat literasi masyarakat bisa ditingkatkan dengan tujuan menambah pengetahuan dan wawasan melalui membaca buku. Hal tersebut ditegaskan Wali Kota Malang saat menghadiri ulang tahun ke-16 Intrans Publishing dengan tajuk ‘Menulis, Mengubah Wajah Peradaban’ di Hotel Atria, Sabtu (7/9).

Permasalahan literasi, kata Sutiaji, tidak saja menjadi masalah di Kota Malang, tetapi juga menjadi masalah nasional. Karena itu, upaya meningkatkan literasi masyarakat melalui gemar membaca buku harus dilakukan dengan menyasar ke berbagai kalangan.

“Harus diakui literasi Kota Malang ini masih lemah. Membaca buku masih kurang. Karena itu, kita bertekad terus meningkatkan literasi,” kata Sutiaji.

1. Dunia ilmu tidak memiliki batas usia dan harus digali oleh siapa pun

Wali Kota Malang Terus Tingkatkan Literasi Baca Buku kepada MasyarakatIDN Times/Pemkot Malang

Sutiaji juga mengatakan bahwa dunia ilmu tidak memiliki batas usia dan harus digali oleh siapa pun. Karena itu, kegiatan membaca yang merupakan salah satu cara membuka cakrawala ilmu harus lebih digiatkan dan tentu ada peran pemerintah di dalamnya.

“Karena itu, saya mengajak ayo dari Malang kita tingkatkan hal ini untuk Indonesia, bahkan terlebih untuk dunia,” tandasnya.

2. Sutiaji meminta kepada perguruan tinggi agar hasil kebermanfaatan dalam melakukan penelitian bisa dirasakan masyarakat

Wali Kota Malang Terus Tingkatkan Literasi Baca Buku kepada MasyarakatIDN Times/Pemkot Malang

Pada kesempatan itu, Sutiaji juga meminta kepada perguruan tinggi agar hasil kebermanfaatan dalam melakukan penelitian bisa langsung dirasakan masyarakat. “Banyak perguruan tinggi di Kota Malang. Karenanya, saya meminta kepada para pimpinan perguruan tinggi agar penelitian itu bisa langsung ‘landing’ dan hasilnya dirasakan kepada masyarakat,” bebernya.

Wali Kota Malang juga menceritakan pengalamannya menjadi penulis resensi buku pada saat masih menjadi mahasiswa. “Saya dulu waktu kuliah menjadi penulis resensi buku. Hasil dari menulis itu untuk biaya sehari-hari dan membayar kuliah,” ujarnya.

3. Wali Kota Malang pun berharap semua pihak dapat efektif meningkatkan minat baca buku kepada masyarakat

Wali Kota Malang Terus Tingkatkan Literasi Baca Buku kepada MasyarakatIDN Times/Pemkot Malang

Sutiaji berharap peran dari berbagai pihak terutama penerbit buku dan pihak perguruan tinggi dapat efektif meningkatkan minat baca buku kepada masyarakat, sehingga tingkat literasi dan pengetahuan warga juga meningkat.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya