Wali Kota Sutiaji: Setiap Manusia Berkekuatan Besar untuk Sukses

Hal yang menjadi masalah, manusia tidak mutlak meyakini itu

Malang, IDN Times - Ngaji Bareng Wali Kota Malang menjadi salah satu agenda yang digelar Kantor Bea Cukai Malang. Kalau sebelumnya dihelat setelah zuhur, kali ini Wali Kota Malang didaulat untuk memberikan materi pada pengajian duha di Masjid Baitut Taqwa Bea Cukai, Jalan Jakarta,  Malang, Minggu (15/9). Bertema “From Zero to Hero”, selain menghadirkan Wali Kota Sutiaji, pengajian lintas komunitas tersebut juga menghadirkan Abah.

Ustaz Sutiaji, demikian Wali Kota Malang biasa disapa warganya, menegaskan bahwa manusia diciptakan sebagai pemimpin (pemenang, red). "Maka dari titik nol, yang itu bisa diartikan sejak dilahirkan, dalam pemahaman pada saat di posisi yang terendah, sesungguhnya secara fitrah manusia memiliki kekuatan besar untuk jadi seorang sukses (hero)," ujar Sutiaji. 

1. Manusia selalu mempunyai kegamangan sehingga kekuatan itu tidak membawanya ke kesuksesan

Wali Kota Sutiaji: Setiap Manusia Berkekuatan Besar untuk SuksesIDN Times/Pemkot Malang

Hal yang menjadi masalah, manusia tidak mutlak meyakini itu. Selalu ada kegamangan, karena kuasa Allah senantiasa dikalahkan dengan logika manusia sendiri. “Atau pikiran kita masih pada batasan duniawi sehingga tidak mampu menembus rahasia Illahi,” tutur Wali Kota Malang yang alumni IAIN malang tersebut. 

Wali Kota Sutiaji mengatakan bahwa jatuh bangun dalam hidup itu biasa. Di sanalah ada rahasia Sang Khalik. "Seperti perjalanan saya sendiri. Tak akan mengira bisa menduduki jabatan kepala daerah, meskipun pada saat masih sekolah dulu, saat melintas di depan rumah dinas Wali Kota Malang sempat tercetus di pikiran bahwa suatu saat saya akan berada di sana.  Tapi jejak perjalanan karier, saya tempuh dari bekerja selaku penulis resensi buku, jadi pengusaha bulu cocok, hingga Allah memberi amanat untuk jadi kepala daerah saat ini," urai Wali Kota Sutiaji. 

2. Untuk menjadi hero, kita harus bersandar pada iman kepada Allah

Wali Kota Sutiaji: Setiap Manusia Berkekuatan Besar untuk SuksesIDN Times/Pemkot Malang

Wali Kota yang tetap berdakwah subuh dari masjid ke masjid ini menegaskan bahwa untuk menjadi hero itu bisa jika sandarannya ialah iman kepada  Allah. Ia juga berpesan untuk meninggalkan sesuatu yang ragu ke yang tidak ragu karena rencana Allah selalu lebih baik. Wali Kota Sutiaji juga mengatakan bahwa literasi keagamaan tidak selalu sebanding dengan pengamalan keagamaan, tapi pengalaman keagamaan akan selalu sebanding dengan pengamalan keagamaan. 

3. Kita tidak bisa menjadi hero jika tidak bisa memenangi diri sendiri

Wali Kota Sutiaji: Setiap Manusia Berkekuatan Besar untuk SuksesIDN Times/Pemkot Malang

Pada penghujung dakwahnya, Wali Kota yang getol menguatkan pendidikan karakter ini menegaskan bahwa kita tidak bisa menjadi hero jika tidak bisa memenangi diri sendiri. “Ada 3 (tiga) kunci yang perlu saya titipkan agar kita bisa menggapai kesuksesan, yakni harus ada keyakinan, harus punya cara (strategi), dan bersatu (tidak akan kuat kalau tidak berjamaah),” tutur Wali Kota Sutiaji.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya