Berkat Sinergitas Gerak, Pemkot Malang Raih WTP 9 Kali Berturut-turut

Gubernur Khofifah menyerahkan penghargaan itu langsung

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota Malang meraih WTP untuk kesembilan kali berturut-turut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019. Gubernur Khofifah Indar Parawansa sebagai perwakilan pemerintah pusat menyerahkan penghargaan itu saat acara Rapat Koordinasi Ketertiban dan Keamanan di Wilayah Provinsi Jawa Timur, Senin (19/10/2020), di Grand City, Surabaya.

"Ini buah sinergitas gerak antara Pemerintah Kota Malang dan DPRD Kota Malang, ditopang kerja guyub bersama segenap elemen pembangunan di Kota Malang," tutur Wali Kota Malang, Sutiaji usai menerima piagam dan plakat penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Menteri Keuangan Republik Indonesia tersebut.

1. Gubernur Khofifah meminta Jatim terus menguatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan

Berkat Sinergitas Gerak, Pemkot Malang Raih WTP 9 Kali Berturut-turutGubernur Khofifah berbincang saat acara rakor. Dok. Pemkot Malang

Sutiaji menekankan ketertiban dan ketepatan dalam laporan keuangan pemerintah daerah terus dikuatkan dengan dampak dan benefit dari setiap program kegiatan yang dieksekusi masing-masing perangkat daerah. Gubernur Khofifah pun menekankan hal yang senada.

“Akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah, saya minta untuk terus dikuatkan. Lebih-lebih pada fase emergency dan urgensitas seperti saat ini (masa pandemi Covid-19, red),” pesan Khofifah kepada kepada wali kota dan bupati se-Jatim.

Baca Juga: Buka Peluang bagi Pemuda, Pemkot Malang Gelar Pelatihan Urban Farming 

2. Sutiaji berharap perangkat daerah dapat menyajikan laporan keuangan daerah secara maksimal

Berkat Sinergitas Gerak, Pemkot Malang Raih WTP 9 Kali Berturut-turutDok. Pemkot Malang

Sebelumnya, dilansir dari Malangkota.go.id, Pemerintah Kota Malang meraih predikat WTP untuk Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019. Dalam momen itu, Sutiaji menjelaskan bahwa Pemkot Malang sangat memahami pemeriksaan yang dilakukan berjalan secara profesional dan independen, serta memberikan rekomendasi yang konstruktif. 

“Semoga ke depan kita dapat terus mempertahankan sekaligus meningkatkan pelayanan kita pada masyarakat dan menyajikan laporan keuangan daerah secara maksimal. Saya berharap seluruh perangkat daerah dapat terus berinovasi dan berkarya untuk mencapai tujuan dimaksud,” kata Sutiaji.

3. Dalam rakor sekaligus pemberian penghargaan WTP tersebut, Kapolda menyinggung pengamanan Pilkada dan demo yang menolak Omnibus Law

Berkat Sinergitas Gerak, Pemkot Malang Raih WTP 9 Kali Berturut-turutDok. Pemkot Malang

Dalam acara Rapat Koordinasi Ketertiban dan Keamanan di Wilayah Provinsi Jawa Timur sekaligus pemberian penghargaan WTP itu, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Fadil Imran mengatakan pengamanan Pilkada di Jawa Timur harus mengutamakan keselamatan jiwa dengan mematuhi protokol kesehatan karena saat ini masih masa pandemik COVID-19. Selain itu, Kapolda menyinggung demo aksi unjuk rasa menolak omnibus law yang akan digelar besok agar berlangsung tanpa anarkisme.  

“Kalau masih mau demo tertib akan kita layani. Kalau anarkis pasti akan kita tindak dan untuk kali ini tidak ada penangguhan. Mau dia mahasiswa, buruh kalo melakukan perusakan, saya perintahkan kandangin,” kata Kapolda. 

Rakor yang dimoderatori Wagub Jatim Emil Dardak itu juga menghadirkan narasumber Ketua KPU Jatim, Kajati Jatim, Ketua DPRD Jatim, Kasdam V Brawijaya, dan Pangkomartim. Rakor digelar dalam rangka mewujudkan Pilkada Serentak 2020 di wilayah Jatim yang tertib, aman, dan lancar di tengah pandemik Covid-19. (EM) CSC

Baca Juga: Jadi Mentor bagi Calon Wirausaha Muda, Ini Cerita Duta Petani Asal Malang

Topik:

  • Ezri T Suro
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya