Dongkrak Perekonomian Warga, Pemkot Malang Komitmen Kembangkan UMKM 

Caranya melalui produk UMKM masuk ke toko modern

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota Malang berkomitmen dalam mengembangkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai bagian dari upaya mendongkrak perekonomian masyarakat. Salah satu upaya yang sedang dijajaki pemerintah kota ialah menginisiasi Memorandum of Understanding (MoU) dengan pengelola toko modern. 

Tujuannya agar produk UMKM Kota Malang bisa dipasarkan di berbagai gerai toko modern yang ada di Kota Malang maupun yang tersebar di daerah lainnya.

Wali Kota Malang, Sutiaji, saat melakukan audiensi dengan Pimpinan PT Indomarco Prismatama, serta Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Malang, Erik Setyo Santoso, dan Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Tri Widyani, menegaskan jika pihaknya berkomitmen penuh terhadap pengembangan UMKM.

“Produk UMKM masuk ke toko modern adalah salah satu bentuk komitmen kami agar kontinuitas produksi dan penjualannya bisa terfasilitasi dengan baik,” kata Sutiaji, Senin (23/9), di ruang rapat Wali Kota Malang.

1. Harus ada sistem yang dibangun agar para pelaku UMKM tidak kesulitan dalam hal pembayaran barang

Dongkrak Perekonomian Warga, Pemkot Malang Komitmen Kembangkan UMKM IDN Times/Pemkot Malang

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Malang menjelaskan bahwa memasukkan produk UMKM ke gerai toko modern saja tidak cukup. Harus ada sistem yang dibangun agar para pelaku UMKM tidak kesulitan khususnya dalam hal pembayaran barangnya.

Nantinya, lanjut Wali Kota Malang, produk UMKM akan terlebih dahulu dibeli Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Produk tersebut akan diverifikasi oleh pemerintah khususnya terkait dengan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas dari pelaku usaha.

“Ini perlu dilakukan karena toko modern tidak mungkin langsung membayar cash kepada pelaku usaha, sedangkan para pelaku UMKM butuh modalnya kembali agar bisa berproduksi kembali. Karena itu, BUMD kita akan membeli produk mereka, kita branding dengan baik sehingga laku di pasaran,” bebernya.

2. MoU Pemkot Malang dengan PT Indomarco Prismatama merupakan langkah awal agar UMKM bisa berkembang

Dongkrak Perekonomian Warga, Pemkot Malang Komitmen Kembangkan UMKM IDN Times/Pemkot Malang

Inisiasi MoU Pemerintah Kota Malang dengan PT Indomarco Prismatama merupakan langkah awal agar UMKM Kota Malang bisa ‘naik pangkat’, sehingga bisa berkembang dari waktu ke waktu. “UMKM naik pangkat itu yakni usaha mikro bisa naik jadi usaha kecil dan seterusnya,” ucap Sutiaji.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Malang juga berpesan kepada PT Indomarco Prismatama agar berpegang teguh upaya penegakan peraturan daerah (perda) yang sedang digencarkan khususnya terkait dengan toko modern.

“Pemkot Malang juga berkomitmen, jika ada pelanggaran, harus siap dengan konsekuensinya. Kami tidak ingin tebang pilih karena Perda kami sudah konsultasikan dengan Biro Hukum Provinsi Jawa Timur dan Kementerian Perdagangan. Itu sudah disepakati dan harus dilaksanakan,” tegas Wali Kota Malang.

3. Setiap toko modern yang buka di Kota Malang harus bermitra dengan setidaknya satu UMKM

Dongkrak Perekonomian Warga, Pemkot Malang Komitmen Kembangkan UMKM IDN Times/Pemkot Malang

Sementara itu, Kepala Dinas PTSP Kota Malang, Erik Setyo Santoso, menambahkan nantinya setiap toko modern yang buka di Kota Malang harus bermitra dengan setidaknya satu UMKM. Terkait produk yang dimasukkan nantinya, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM serta pihak yang terkait dengan hal ini.

“Toko modern juga akan memberikan CSR kepada UMKM yang meliputi bagaimana pelatihan terkait produksi, quality control, dan manajemen keuangan. Hal itu nanti kita akan draf dengan pihak pengelola toko modern,” ungkapnya.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya