Kolaborasi Pemkot Malang dan Grab Tingkatkan Ekonomi Digital

Lingkup kerja sama ini mencakup tiga sektor

Malang, IDN Times – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mendorong pertumbuhan ekonomi digital Kota Malang cukup unik. Pasalnya, Pemkot Malang menjalin kerja sama dengan Grab Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan MOU tentang kerja sama peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat Kota Malang melalui aplikasi Grab. Kegiatan tersebut digelar di kantor Grab perwakilan Malang, Senin (19/10).

Lingkup kerja sama yang terjalin ini mencakup pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pengembangan pariwisata dan kebudayaan, hingga penyediaan sarana transportasi yang mudah dan ramah lingkungan.

1. Dukungan dari Grab disambut positif dan diapresiasi Pemkot Malang

Kolaborasi Pemkot Malang dan Grab Tingkatkan Ekonomi DigitalKerja sama Pemkot Malang dan Grab untuk tingkatkan ekonomi digital. Dok.Humas Pemkot Malang

Pemkot Malang melalui Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan apresiasi dan dukungannya untuk Grab. 

“Kami sangat senang dan mengapresiasi komitmen yang ditunjukkan Grab untuk Kota Malang. Dukungan yang diberikan Grab mengembangkan ekonomi digital di Malang tentunya akan memberikan dampak positif bagi Kota Malang. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik dan memudahkan aktivitasnya sehari-hari. Kami juga mengapresiasi inisiatif yang dilakukan Grab untuk mengedepankan protokol kesehatan di tengah pandemik. Tidak hanya dalam layanan transportasinya, tetapi juga layanan kepada mitra pengemudi dengan Virtual Grab Driver Center,” paparnya.

Baca Juga: Buka Peluang bagi Pemuda, Pemkot Malang Gelar Pelatihan Urban Farming 

2. Grab memanfaatkan teknologi untuk membantu kesejahteraan masyarakat Malang

Kolaborasi Pemkot Malang dan Grab Tingkatkan Ekonomi DigitalKerja sama Pemkot Malang dan Grab untuk tingkatkan ekonomi digital. Dok.Humas Pemkot Malang

Business Development Head East Java Grab Indonesia, Irvan Prasetyo, menjelaskan tujuan Grab untuk memastikan masyarakat Malang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital. 

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Malang untuk menghadirkan berbagai inisiatif dalam rangka mendukung ekonomi digital di Malang. Dengan memanfaatkan teknologi Grab, diharapkan masyarakat Kota Malang bisa terbantu dalam aspek mobilisasi yang aman dan efisien, pelaksanaan tugas, sampai dengan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini tentunya sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan setiap masyarakat dapat ambil bagian dan menikmati manfaat dari ekonomi digital,” jelasnya.

3. Bentuk kerja sama Grab dan Pemkot Malang

Kolaborasi Pemkot Malang dan Grab Tingkatkan Ekonomi DigitalKerja sama Pemkot Malang dan Grab untuk tingkatkan ekonomi digital. Dok.Humas Pemkot Malang

Pertama, program pembinaan generasi muda dan penguatan UMKM atau Sustainable Economy Co- Creation. Grab dan Pemerintah Kota Malang akan melaksanakan berbagai pelatihan untuk memperkuat UMKM di kota Malang agar dapat terus mengembangkan usahanya.

Kedua, program dukungan terhadap wisata di Malang atau Cultural and Tourism Co-Creation. Grab dan Pemkot Malang akan melakukan integrasi layanan transportasi, e-ticketing destinasi wisata, dan acara wisata di Kota Malang sebagai bentuk promosi wisata.

Terakhir, Grab menghadirkan kemudahan akses transportasi bagi masyarakat Kota Malang. Grab akan menyediakan layanan pemesanan armada GrabCar dan GrabBike bagi pegawai/aparat Pemkot Malang melalui layanan GrabForBusiness. (CSC)

Baca Juga: Penopang Kala Pandemik, Pemkot Malang Rilis Platform Jual Beli Online

Topik:

  • Ester Ajeng
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya