Serunya Kompetisi Bikin Robot dari Barang Bekas di Jatim Park 3 Batu

Event robot challenge bagi generasi muda

Kota Batu, IDN Times - Komunitas Robot Jatim bersama Jawa Timur Park Grup kembali menggelar acara bertajuk "Robot Challenge". Event tahunan yang diadakan di Fun Tech Plaza Jatim Park 3 ini mengusung tema "Low Cost Competition". Artinya, menciptakan robot-robot canggih dan unik dengan menggunakan bahan daur ulang. "Kompetisi Robot Challenge ini merupakan perlombaan membuat robot dengan menggunakan barang-barang elektronik bekas atau daur ulang, bisa berasal dari tv bekas atau barang elektronik yang rusak," ujar M.Agung Sartiko, Ketua Pelaksana Robot Challange kepada IDN Times Sabtu, (13/10).

Baca Juga: 5 Serial TV Bertema Robot yang Hits di Tahun 2000an

1. Peserta dari SD sampai SMU di Jatim

Serunya Kompetisi Bikin Robot dari Barang Bekas di Jatim Park 3 BatuIDN Times/Habil Misbacul Amal

Peserta dari acara itu adalah siswa-siswi dari tingkat SD hingga SMU dari berbagai sekolah di Jawa Timur dengan jumlah 200 peserta mewakili 50 sekolah. "Ini sebagai apresiasi kreatifitas anak anak bangsa di bidang robot," ujar Agung. 

Raditya, siswa SD Mumammadiyah 4 Surabaya ini, mengaku sangat senang mengikuti ajang robotik ini.  "Senang tapi sedikit gugup," ujar siswa kelas 4 SD itu. 

2. Berbagai kategori robotik dilombakan

Serunya Kompetisi Bikin Robot dari Barang Bekas di Jatim Park 3 BatuIDN Times/Habil Misbacul Amal

Dalam acara itu, ada 8 kategori yang dilombakan. Beberapa kategori itu adalah robot sumo, robot rescue, robot soccer, drone racing, maze solving, fire fighting, sponsor league, robot gathering, amphiby atau underwater

Juri dari WIRC (komunitas robotica yang telah diakreditasi oleh negera) akan menilai dari berbagai kategori yang berbeda. "Misalnya kategori problem solving (misal fire fighter) robot harus bisa menuju satu titik api untuk memadamkan api tentu dengan kecepatan waktu (timing) dan akurasi. Untuk robot soccer bisa bermain bola," jelasnya.

3. Acara bertujuan cari bibit unggul robotik

Serunya Kompetisi Bikin Robot dari Barang Bekas di Jatim Park 3 BatuIDN Times/Habis Misbacul Amal

Penyelenggara berharap dengan adanya lomba ini akan memacu semangat anak-anak dalam bidang robotika. Selain itu, juga dapat mewadahi komunitas-komunitas robotika. Tidak hanya itu, pemenang nantinya akan dilombakan di tingkat nasional dan internasional. "Dari sini kami akan nyari bibit unggul di provinsi untuk dilombakan di tingkat nasional hingga internasional," tutup Agung Sartiko saat diwawancarai oleh media.

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan Dilo Si Robot Canggih 

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya