Kapolres Batu Ajak Jurnalis Jaga Netralitas Menjelang Pemilu

Acara cangkrukan kapolres dengan wartawan

Kota Batu, IDN Times - Perhelatan Pemilu 2019 telah dimulai di seluruh Indonesia. Semua calon yang akan bertarung di ranah eksekutif dan legislatif telah mulai memanaskan 'mesin'. Begitu juga di Kota Batu yang terkenal dengan kesejukan udaranya.

Menanggapi hal ini, Kapolres Kota Batu, AKBP Budi Hermanto, menggelar acara yang bertajuk Cangkrukan Kambtibmas Kapolres Batu Bersama Wartawan dan Netizen Kota Batu. Acara dilaksanakan di Kusuma Agrowisata Batu pada Jum'at malam (26/10).

Baca Juga: Epik dan Eksotis, Inilah 4 Spot Foto Malam Terbaik di Kota Batu

1. Deklarasi Jurnalis Se-Kota Batu

Kapolres Batu Ajak Jurnalis Jaga Netralitas Menjelang PemiluIDN Times/Habil Misbachul

Polres Batu saat ini serius dalam menjaga situasi menjelang Pemilu 2019 agar kondusif dan damai. Salah satunya dengan membentuk cyber patrol.
"Kami dalam bekerja mengawasi persebaran berita membentuk cyber patrol agar situasi di dunia maya tetap terpantau," ujarnya.

2. PWI : melakukan pengetatan peliputan dengan UKW

Kapolres Batu Ajak Jurnalis Jaga Netralitas Menjelang PemiluIDN Times/Habil Misbachul

Saat acara juga digelar sesi focus group discussion (FGD). Yang jadi narasumber dalam FGD itu adalah wartawan senior, Khusnun Jurait; Ketua PWI Malang Raya, Arieful Huda; Pejabat Kominfo Kota Batu, Dede; dan AKBP Budi Hermanto sendiri sebagai Kapolres Batu.

Arieful Huda menegaskan dalam tugas jurnalistik, wartawan harus mengedepankan etika jurnalistik dan integritas. Ia juga menjelaskan bahwa PWI juga melakukan pengetatan peliputan dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) agar berita yang tersaji dapat dipertanggungjawabkan.

3. Masyarakat perlu tahu etika jurnalistik

Kapolres Batu Ajak Jurnalis Jaga Netralitas Menjelang PemiluIDN Times/Habil Misbachul

Pada akhir sesi diskusi Khusnun Jurait memberi imbauan agar masyarakat juga belajar etika jurnalistik. "Masyarakat perlu mengetahui etika jurnalistik agar  terlindungi haknya sebagai konsumen media," paparnya.

Baca Juga: Angin Kencang di Kota Batu, BPBD Imbau Warga Waspadai Pohon Tumbang

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya