Wali Kota Risma Ingin Sulap Bantaran Sungai Jagir Jadi Taman

Ada mainan ayunan sama jungkat-jungkitnya juga

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, tak hanya ingin mengoptimalkan taman-taman utama yang sudah dibuat saja, akan tetapi dia ingin bantaran sungai yang melintasi dalam Kota Surabaya juga dihijaukan. Hal ini menurutnya demi mempercantik Kota Surabaya. 

Salah satu bantaran sungai yang ingin dioptimalkan menjadi taman oleh Risma terletak di dekat Pintu Air Jagir.

Baca Juga: Risma Targetkan Jembatan Bambu Mangrove Rampung Tahun ini

1. Risma ingin lahan kosong di bantaran sungai jadi taman

Wali Kota Risma Ingin Sulap Bantaran Sungai Jagir Jadi TamanIDN Times/Fitria Madia

Risma berjalan menyusuri bantaran Sugai Jagir, Sabtu (16/3). Ia mengamati kondisi jalan yang lebarnya kurang lebih 1,5 meter dan terdapat lahan kosong selebar 1 meter di sisi kanan kirinya. Jalan ini masih kosong, hanya ada pohon-pohon saja yang terletak di samping kiri dan kanannya.

"Nah ini ombo kan isok dadi taman ini. Iki dikei kursi (Ini luas kan bisa jadi taman ini. Ini diberi kursi). Coba alat berat. Diganti tanahnya biar bisa ditanami pohon," ujar Risma menunjukkan beberapa titik kepada pejabat Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) yang mengikutinya.

2. Risma minta taman di bantaran sungai diberi mainan anak-anak

Wali Kota Risma Ingin Sulap Bantaran Sungai Jagir Jadi TamanIDN Times/Fitria Madia

Tak hanya ingin ditanami pohon dan diberi kursi, Risma juga meminta Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau untuk memberikan mainan anak-anak seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Untuk menjaga keamanan, ia ingin ada tambahan pagar di pinggir kali.

"Sama seperti itu. Jadi kita buat taman seperti itu," tutur dia.

3. Risma bikin lahan di bantaran sungai bermanfaat

Wali Kota Risma Ingin Sulap Bantaran Sungai Jagir Jadi TamanIDN Times/Fitria Madia

Risma menuturkan, keinginannya membuat taman-taman tersebut bertujuan agar warga Surabaya betah untuk berwisata di kotanya sendiri. Lahan-lahan kosong juga dimanfaatkan agar tidak terbengkalai begitu saja.

"Sebetulnya ini bukan hanya untuk mempercantik, tetapi juga bagaimana kemudian ada investasi yang kami berikan," jelasnya.

4. Dapat memberikan banyak dampak positif

Wali Kota Risma Ingin Sulap Bantaran Sungai Jagir Jadi TamanIDN Times/Fitria Madia

Selain sebagai pusat wisata, hal-hal positif lain juga datang apabila Pemkot Surabaya memanfaatkan lahan kosong sebagai taman. Tak hanya untung bagi Pemkot, namun keuntungan yang nyata terasa dan banyak dirasakan oleh masyarakat.

"Tetapi bisa kemudian memberikan dampak positif ke masyarakat, dampak positif itu bisa digunakan untuk masyarakat melakukan aktivitas," kata dia.

Baca Juga: Lakukan Inspeksi Mendadak Taman, Risma Omeli Pegawai Dinas Kebersihan 

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya