Comscore Tracker

Waktu Tinggal 17 Hari, Museum Olahraga Baru Masuk Tahap Pembongkaran 

Tetap optimistis pembangunan museum rampung di tahun 2019

Surabaya, IDN Times - Pergantian tahun tinggal menghitung hari. Namun salah satu proyek Pemerintah Kota Surabaya yang ditargetkan rampung tahun ini tak kunjung jadi. Proyek tersebut adalah pembangunan Museum Olahraga.

Pembangunan Museum Olahraga terletak di komplek Gedung Olahraga (GOR) Pancasila, Jalan Patmosusastro, Kecamatan Wonokromo Surabaya. Museum ini tepatnya akan menyulap bagian gedung kecil di bagian utara gedung.

Baca Juga: Dikerjakan oleh Satgas OPD, Museum Pendidikan Telan Dana Rp1 Miliar

1. Baru memasuki tahap pembongkaran

Waktu Tinggal 17 Hari, Museum Olahraga Baru Masuk Tahap Pembongkaran Kepala Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya, Iman Krestian saat ditemui di kantornya, Selasa (26/11). IDN Times/Fitria Madia

Berdasarkan pantauan IDN Times, pembongkaran telah terjadi di sisi barat bangunan museum. Bagian yang dibongkar adalah bangunan toilet yang menghubungkan dengan GOR Pancasila. Ketika bagian itu di bongkar, Lapangan THOR yang ada di balik bangunan pun bisa dilihat oleh pengguna jalan.

"Saat ini masih proses pembongkaran juga membersihkan sisa-sisa bongkaran. Masih pengerjaan tahap luarnya," ujar Kepala Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya, Iman Krestian saat dihubungi IDN Times, Sabtu (14/12).

2. Terdapat beberapa pilihan desain luar museum

Waktu Tinggal 17 Hari, Museum Olahraga Baru Masuk Tahap Pembongkaran Kondisi terkini pembangunan Museum Olahraga yang berlokasi di GOR Pancasila Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Hingga saat ini, desain total dari museum tersebut masih belum ditentukan. Tim Satgas Museum Olahraga yang terdiri dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih mendata alternatif desain luar atau eksterior dari museum tersebut. Iman menyebutkan beberapa pilihan desain yang memungkinkan.

"Kalau konsep ekterior lebih ke arah style bangunannya mau yang model unite sama gelora pancasila atau dibikin modern sekalian atau style yang lebih kontras. Ada beberapa opsi," terangnya. Tapi dari seluruh opsi itu, belum satu pun ditetapkan.

3. Desain bagian dalam museum belum ditentukan

Waktu Tinggal 17 Hari, Museum Olahraga Baru Masuk Tahap Pembongkaran Kondisi terkini pembangunan Museum Olahraga yang berlokasi di GOR Pancasila Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Sementara untuk desain bagian dalam museum, Iman mengaku hingga saat ini belum ada gambaran jelas. Pihaknya masih mencari-cari inspirasi museum olahraga dan menyesuaikannya dengan koleksi yang akan dikumpulkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya.

"Kalau konsep interiornya juga masih nunggu arahan museumnya seperti apa begitu. Sama nanti pengajuan dl ke Bu Wali (Kota Surabaya Tri Rismaharini) untuk dipilih opsi-opsi desainnya," jelasnya.

4. Optimistis tetap bisa diresmikan di tahun 2019

Waktu Tinggal 17 Hari, Museum Olahraga Baru Masuk Tahap Pembongkaran Kondisi terkini pembangunan Museum Olahraga yang berlokasi di GOR Pancasila Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Iman pun saat ini masih fokus mengerjaan bagian luar atau landscape museum meliputi bangunan, pagar, taman, dan lain-lain. Sementara bagian dalam masih menunggu konsep, desain, dan koleksi.

Meski demikian, ia tetap optimistis Museum Olahraga dapat diresmikan pada tahun 2019. Ia berharap desain interior dan koleksi dapat terkumpul dengan cepat.

"Kalau landscapenya saja tahun ini bisa (diresmikan). Tapi kalau koleksi juga bisa cepat, tahun ini juga bisa. Kami berharapnya semua lebih cepat," pungkasnya.

Baca Juga: Kurang dari Sebulan, Museum Olahraga Ditarget Rampung Terbangun

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You