Usai Plt Bupati Meninggal, Delapan Kadis di Sidoarjo Positif COVID-19

Tapi kantor di Pemkab Sidoarjo tetap buka

Sidoarjo, IDN Times - Usai meninggalnya Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menggencarkan tes swab massal di lingkungan kerja Pemkab Sidoarjo. Hasilnya, kini diketahui delapan Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon dua setingkat kepala dinas yang dinyatakan positif COVID-19.

1. Sebanyak 769 orang di Pemkab Sidoarjo tes swab massal

Usai Plt Bupati Meninggal, Delapan Kadis di Sidoarjo Positif COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Hal ini disampaikan oleh Plh Bupati Sidoarjo, Achmad Zaini. Ia menuturkan bahwa pihaknya sudah melakukan tes swab massal kepada 769 orang baik ASN maupun non ASN yang bekerja di lingkungan Pemkab Sidoarjo dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dari swab massal tersebut hasil sementara yang sudah keluar setidaknya  ada 39 orang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Kami sudah melakukan sampling swab test kepada 769 ASN maupun non ASN diseluruh OPD," ujarnya saat dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (5/8/2020).

2. Delapan orang positif COVID-19 adalah kepala dinas

Usai Plt Bupati Meninggal, Delapan Kadis di Sidoarjo Positif COVID-19Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Dari puluhan orang tersebut, rupanya 8 di antaranya merupakan pejabat eselon dua setingkat kepala dinas. Tentunya sebagai kepala dinas mereka kerap berkoordinasi secara langsung dengan almarhum Nur Ahmad Syaiffudin. Namun Achmad tak menjelaskan lebih lanjut OPD atau dinas mana kah yang dipimpin oleh delapan orang pasien COVID-19 ini.

"Maaf kami tidak bisa memberitahukannya," tuturnya.

3. Mereka dalam kondisi sehat namun tetap jalani isolasi

Usai Plt Bupati Meninggal, Delapan Kadis di Sidoarjo Positif COVID-19Pexels/Edward Jenner

Saat ini, lanjut Achmad, kondisi mereka terbilang sehat. Sebagian mereka memilih untuk melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing. Ada pula yang karantina di Hotel Delta Sinar Mayang, fasilitas yang memang disediakan oleh Pemkab Sidoarjo bagi tempat karantina OTG.

"Saat ini mereka telah melakukan isolasi mandiri di rumah juga ada di Delta Sinar Mayang," sebutnya.

Baca Juga: Plt Bupati Sidoarjo Meninggal Akibat COVID-19, Pemkab akan Tes Massal

4. Seluruh kantor tetap buka

Usai Plt Bupati Meninggal, Delapan Kadis di Sidoarjo Positif COVID-19IDN Times/Fitria Madia

Meski delapan kepalanya tengah menjalani karantina untuk sembuh dari COVID-19, Achmad mengatakan bahwa saat ini seluruh OPD berjalan dengan normal. Tidak ada kantor yang ditutup total. Sementara untuk pegawai yang bekerja di kantor hanya 50 persen dari total keseluruhan untuk tetap menjaga jarak dan kesehatan pekerjanya.

"Kami sudah mengeluarkan surat edaran dengan memberlakukan sistem 50 persen WFH dan 50 persen WFO dengan harapan agar pelayanan tetap jalan dan kesehatan ASN/non ASN tetap terjaga dengan baik," pungkasnya.

Baca Juga: Istri Plt Bupati Sidoarjo Positif COVID-19, Keluarga Dites Swab Besok

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya