Usai Kebobolan, Barang Bersejarah Wisma Karanggayam Didata

Saat ini masih dalam proses pendataan

Surabaya, IDN Times - Salah satu aset bersejarah di Kota Surabaya, Wisma Persebaya di Karanggayam ditemukan porak poranda yang diduga akibat penjarahan, Kamis (26/8/2021). Saat ini, Pemerintah Kota Surabaya masih mendata barang-barang koleksi yang ada di Wisma Karanggayam untuk memastikan kerugian yang diduga akibat penjarahan tersebut.

1. Pemkot Surabaya data barang hilang dari Wisma Karanggayam

Usai Kebobolan, Barang Bersejarah Wisma Karanggayam DidataProsesi pendataan dan penyelamatan aset yang ada di Wisma Karanggayam. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Wisma Karanggayam sebagai salah satu tempat bersejarah di Kota Surabaya memang menyimpan sejumlah barang seperti piala dan artefak yang memiliki nilai sejarah. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya M. Afghani Wardhana pun memimpin prosesi pendataan dan penyelamatan aset yang ada di Wisma Karanggayam tersebut.

"Terkait artefak, inventaris maupun piala-piala kita amankan. Sekarang teman-teman Dispora ada di lokasi bersama Satpol PP dan Linmas," ujar Afghani, Jumat (27/8/2021).

Baca Juga: Berantakan, Wisma Persebaya Diduga Dijarah

2. Pendataan masih berlanjut hingga Jumat pagi

Usai Kebobolan, Barang Bersejarah Wisma Karanggayam DidataProses pendataan dan penyelamatan aset yang ada di Wisma Karanggayam. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Proses pendataan ini sudah dimulai pada Kamis sore sejak Wisma Karanggayam ditemukan berantakan. Proses ini sempat dihentikan sementara pada malam hari karena terbatas pencahayaan. Selama penghentian pencarian, Wisma Karanggayam dijaga ketat oleh Linmas dan Satpol PP. Pencarian pun dilanjut pada Jumat pagi.

"Sudah mulai menginventarisir sejak sore kemarin, mendata piala-piala, artefak, piagam dan sebagainya. Karena kondisinya gelap, sementara dijaga dulu dan dilanjut pagi ini kita inventarisir lagi," tuturnya.

3. Barang-barang yang bisa diselamatkan disimpan di Stadion Gelora 10 November

Usai Kebobolan, Barang Bersejarah Wisma Karanggayam DidataPendataan koleksi di Wisma Persebaya oleh Pemkot Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Lebih lanjut, Afghani tengah mencari ruangan khusus di Stadion Gelora 10 November untuk menyimpan benda-benda bersejarah dari Wisma Karanggayam. Lokasi penyimpanan itu diharapkan menjadi tempat yang aman agar tidak ada lagi pengerusakan.

"Kita nanti carikan ruang di sana (Gelora 10 November) sambil menunggu progres seperti apa nanti ke depan. Kita sendiri tidak pernah memperkirakan kejadian itu. Tapi, terkait artefak, piagam dan piala-piala, Insya Allah kita pastikan aman," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Kompetisi, 2 Pemain Persebaya Belum Vaksin COVID-19

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya