Usai Dilantik, Khofifah dan Emil Akan Kunjungi KPK dan BPK

Siap-siap nih koruptor di Jatim

Surabaya, IDN Times - Hingga saat ini, Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dijadwalkan akan dilantik pada Rabu (13/2) di Istana Negara. Usai dilantik, pasangan tersebut langsung melaksanakan serangkaian kegiatan sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Jatim. "Kalau untuk program 100 hari nanti saja ya setelah sertijab, saya beberkan hari pertama kerja saja," ujarnya. 

1. Usai pelantikan ikuti sertijab PKK dan kunjungi KPK

Usai Dilantik, Khofifah dan Emil Akan Kunjungi KPK dan BPKIDN Times/Fitria Madia

Khofifah menjelaskan bahwa usai prosesi pelantikan yang akan dilaksanakan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Khofifah bersama Emil akan menghadiri acara serah terima jabatan organisasi PKK yang diemban oleh Arumi Bachsin. "Hari pertama selesai pelantikan, pelantikannya kan sore. Setelah itu saya mendengar ada serah terima PKK. Kemudian kita akan ke KPK," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Senin (11/2).

2. Kunjungi KPK untuk upaya preventif

Usai Dilantik, Khofifah dan Emil Akan Kunjungi KPK dan BPK(Ilustrasi gedung KPK lama) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

 

Ia menerangkan, alasannya menjadikan KPK sebagai jujugan pertama sebagai gubernur lantaran tak ingin bertambahnya jumlah kepala daerah atau aparatur sipil negara terjerat kasus korupsi.

"Kita ingin bahwa aspek preventif harus dikedepankan. Hal-hal yang menjadikan ASN bekerja tenang, penuh kepastian itu harus diciptakan. Jadi kalau kita rencana KPK itu dalam rangka mengedepankan aspek pencegahan," terangnya.

3. Mengunjungi BPK sebelum kembali ke Jatim

Usai Dilantik, Khofifah dan Emil Akan Kunjungi KPK dan BPKIDN Times/Fitria Madia

Keesokan harinya, Kamis (14/2), mereka akan mengunjungi Kantor Badan Pengawas Keuangan (BPK). Setelah dari BPK, barulah pasangan tersebut terbang ke Jatim."Tanggal 14 siang kami akan ke Jatim, ada rute yang kami rencanakan," tutur wanita yang juga merupakan Ketua Muslimat NU ini.

4. Akan sujud syukur hingga buka bersama di Jatim

Usai Dilantik, Khofifah dan Emil Akan Kunjungi KPK dan BPKIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Setibanya di Jatim, Khofifah bersama Emil menjalankan sujud syukur di Masjid Al Akbar Surabaya. Setelah itu mereka menuju Tugu Pahlawan Surabaya."Kami akan jalan ke Tugu Pahlawan ada pidato gubernur dan wakil gubernur. Kemudian kita ke Grahadi ada santunan yatim, lansia, duafa, dan khataman Al-Quran. Terus bagi yang puasa kita akan buber (buka puasa bersama) di situ kan hari Kamis. Kira-kira begitu," jelasnya.

5. Jumat sudah mulai melakukan agenda kepemerintahan

Usai Dilantik, Khofifah dan Emil Akan Kunjungi KPK dan BPKIDN Times/Fitria Madia

Hari berikutnya, Jumat (15/2), Khofifah dan Emil mulai menjalankan agenda kepemerintahan sebelum melakukan serah terima jabatan dan pemaparan visi misi di hadapan DPRD Jatim pada Senin (18/2). "Hari Jumat kita sudah langsung tancap gas yah. Karena RPJMP ini harus segera dikrucutkan sampai kepada kristalisasi yang berseiring dengan visi misi dan nawa bakti satya."

Disinggung soal rumah dinas, ia mengaku lebih memilih tinggal di rumah pribadi. Terlebih, rumahnya dan kediaman Emil juga sama-sama berada di daerah tersebut. "Dari dulu saya juga pasti tinggal di rumah pribadi. Rumah kami kan berdekatan," ujarnya.

Baca Juga: Pamitan, Soekarwo Minta Khofifah Lanjutkan "Kapal" Jatim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya