Ultahnya Disebut Buat Kerumunan, Khofifah Minta Maaf

Meski sebenarnya ia menyangkal

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa akhirnya angkat bicara mengenai pesta kejutan ulang tahunnya yang menuai kontroversi lantaran diduga menimbulkan kerumunan. Meski menyangkal telah melanggar protokol kesehatan, Khofifah menyampaikan permintaan maafnya lantaran telah membuat gaduh suasana.

1. Sebut acaranya bukan pesta ultah

Ultahnya Disebut Buat Kerumunan, Khofifah Minta MaafSuasana pesta ulang tahun Gubernur Khofifah di Gedung Grahadi. TikTok

Awalnya, Khofifah menyangkal bahwa perkumpulan orang-orang dengan hiasan lampu-lampu dan makanan prasmanan di dalam video viral itu adalah pesta ulang tahunnya. Ia menyebut acara tersebut bukan pesta lantaran tidak ada perayaan. Ia berdalih tak tahu menahu mengenai kejutan dari para staffnya tersebut.

"Tidak ada lagu ulang tahun. Tidak ada ucapan ulang tahun, tidak ada bersalam atau berjejer. Juga tidak ada potong kue tart ultah," ujar Khofifah, Sabtu (22/5/2021).

2. Bukan pesta tapi ada santunan anak yatim

Ultahnya Disebut Buat Kerumunan, Khofifah Minta MaafIDN Times/Fitria Madia

Ia menjelaskan bahwa perayaan ulang tahunnya itu bukanlah pesta melainkan terdapat beberapa acara sebagai bukti rasa syukur lantaran telah bertambah umur. Salah satunya yaitu pemberian santunan kepada anak yatim dan penyerahan buku penanganan COVID-19 karya salah satu akademisi Universitas Airlangga.

"Ada santunan yatim dan selawat nabi seperti kegiatan lainnya. 10 anak yatim dan 2 orang tim sholawat dengan 6 orang rebana. Selesai acara mereka makan terus pulang," tuturnya.

Selain itu, Khofifah mengatakan bahwa acara kejutan tersebut tidak dipersiapkan secara baik. Segala perlengkapan disediakan mendadak mulai dari band pengiring, makanan yang disajikan, hingga bintang tamu yaitu penyanyi legendaris Katon Bagaskara.

"Ada Katon Bagaskara karena tanggal 18 sedang ada giat di Surabaya. Katon juga kawannya pak Sekda. Perihal katering yang katanya nomer satu itu adalah Sono Kembang yang biasa menjadi langganan Grahadi setiap ada tamu," jelasnya.

3. Bantah langgar prokes

Ultahnya Disebut Buat Kerumunan, Khofifah Minta MaafSuasana pesta ulang tahun Gubernur Khofifah di Grahadi. TikTok

Khofifah juga membantah telah melanggar protokol kesehatan. Ia mengatakan bahwa jumlah orang yang datang jauh lebih sedikit dibanding kapasitas halaman. Ia juga menyalahkan angle pengambilan video yang membuatnya seolah-olah berkerumun.

"Angle yg diambil terkesan berkerumun. Tidak ada terbersit rencana syukuran bersama OPD apalagi pesta ultah. Jauh dari tradisi saya. Posisi berdiri adalah posisi jelang bubaran karen pada dasarnya undangan duduk. Kecuali tim catering dan bagian umum," teragnya.

Baca Juga: Ulang Tahun Khofifah Diduga Timbulkan Kerumunan, Pemprov: Sudah Prokes

4. Khofifah minta maaf

Ultahnya Disebut Buat Kerumunan, Khofifah Minta MaafGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menandatangani peresmian gedung pelatihan milik Dinas Koperasi Jatim. IDN Times/Alfi Ramadana

Meski menyangkal dan merasa tidak bersalah, Khofifah pada akhirnya pun meminta maaf. Ia meminta maaf lantaran sudah menimbulkan kegaduhan di masyarakat atas perayaan ulang tahunnya tersebut.

"Lepas dari itu semua saya sekali lagi mohon maaf yang sebesar- besarnya telah menjadikan suasana terganggu," tutupnya.

Baca Juga: Soal Pesta Ultah Khofifah, Sekda Jatim: Itu Surprise dari Staff

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya