8 Titik Penyekatan di Jatim, Antisipasi Pemudik, Polda Tambah Personel

Pemerintah melarang mudik pada Lebaran 2021

Surabaya, IDN Times - Menjelang Lebaran 2021, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menyiapkan delapan titik penyekatan. Titik penyekatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi gelombang arus mudik.

1. Akan ada delapan titik penyekatan di Jatim

8 Titik Penyekatan di Jatim, Antisipasi Pemudik, Polda Tambah PersonelSejumlah anggota Satlantas Polres Boyolali melakukan pengecekan kepada pengemudi mobil dengan plat nomor luar daerah di Gerbang Tol Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (12/5). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko menyatakan titik penyekatan rencananya akan diletakkan sama seperti tahun 2020. Delapan titik penyekatan tersebut antara lain ada di perbatasan Tuban, Bojonegoro-Cepu, Ngawi-Mantingan-Sragen jalur biasa. Ada pula di Ngawi-Mantingan-Sragen jalur tol, Magetan-Larangan, Ponorogo-Wonogiri, Pacitan-Wonogiri, dan Pelabuhan Ketapang-Banyuwangi.

"Kami sudah siapkan, akan ada penyekatan di delapan titik perbatasan," ujar Gatot, di Mapolda Jatim, Senin (5/4/2021).

Baca Juga: Kekerasan Jurnalis Nurhadi, Polda Jatim Periksa Redaksi Tempo

2. Akan ada tes swab antigen juga

8 Titik Penyekatan di Jatim, Antisipasi Pemudik, Polda Tambah PersonelSeorang warga melakukan tes cepat atau rapid test antigen di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (22/12/2020). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Di titik penyekatan, petugas kepolisian akan memeriksa kelengkapan surat-surat para pengendara. Jika ternyata tidak lengkap, maka akan dilakukan tes swab antigen di lokasi. Ia harap, dengan adanya penyekatan itu maka warga bisa mengurungkan niatnya untuk mudik.

"Nanti kami lebih mengedepankan protokol kesehatan, nanti banyak alat swab antigen untuk pengendara yang lewat," tuturnya.

3. Personel polisi dan Dinkes akan ditambah

8 Titik Penyekatan di Jatim, Antisipasi Pemudik, Polda Tambah PersonelIlustrasi penyekatan dan pemeriksaan selama masa PSBB. Dok. Humas Pemkot Malang

Dalam masing-masing titik penyekatan tersebut, Polda Jatim akan menambah personel kepolisian yang menjaga. Petugas Dinas Kesehatan Jatim juga akan berjaga untuk sewaktu-waktu melakukan tes swab antigen kepada para pemudik. Meski demikian, pihaknya masih belum menentukan kapan titik penyekatan akan mulai diberlakukan.

"Akan ada penambahan personel juga, dari Dinas Kesehatan juga," ungkap Gatot.

Baca Juga: 34 Ribu Regulator Kompor Gas Imitasi Disita Polda Jatim, Bos Jadi TSK

https://www.youtube.com/embed/1XNhzcvZUL4

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya