Tina Toon Minta DKI Bangun RTH Seperti Surabaya: Gak Perlu Gengsi Dong

Tina Toon senang bisa ketemu Risma

Surabaya, IDN Times - Anggota DPRD DKI Jakarta sekaligus mantan penyanyi cilik, Agustina Hermanto alias Tina Toon girang bukan main saat bertemu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Tina Toon bahkan tak sungkan untuk mengajak Risma berswafoto. Ia mengaku mengagumi sepak terjang perempuan nomor satu di Surabaya tersebut.

1. Tina Toon kagum atas kinerja Risma

Tina Toon Minta DKI Bangun RTH Seperti Surabaya: Gak Perlu Gengsi DongAgustina Hermanto atau Tina Toon (kanan) mengajak Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berswafoto saat kunjungan di Ruang Sidang Wali Kota Surabaya, Jumat (20/12). IDN Times/Fitria Madia

Pertemuan Tina Toon dengan Risma terjadi saat Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta melakukan kunjungan kerja ke Balai Kota Surabaya, Jumat (20/12). Kedatangan mereka bertujuan untuk mempelajari cara Risma dalam mengentaskan banjir dan pengelolaan Kota Surabaya.

Sejak awal forum, Tina tampak antusias mengacungkan tangan untuk bertanya kepada Risma atas paparannya. Sayangnya, ketua fraksi yaitu Gembong Warsono hanya membolehkan perwakilan ketua komisi untuk bertanya. Akhirnya niat Tina pun urung.

”Di RTH (ruang terbuka hijau) Surabaya itu ada learning center, belajar IT, belajar bahasa asing. Bahkan, ada RTH paliatif yang didedikasikan untuk anak-anak penderita kanker dengan kegiatan yang memberi support ke mereka. Saya takjub dan terharu dengan ketulusan kerja Bu Risma,” ungkapnya menjelaskan kekagumannya.

2. Bangga bisa foto bareng Risma

Tina Toon Minta DKI Bangun RTH Seperti Surabaya: Gak Perlu Gengsi DongAgustina Hermanto atau Tina Toon (kanan) mengajak Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berswafoto saat kunjungan di Ruang Sidang Wali Kota Surabaya, Jumat (20/12). IDN Times/Fitria Madia

Akhirnya, keinginan Tina untuk dekat dengan Risma bisa terwujud di akhir sesi. Ia menyalami perempuan yang menjabat sebagai Kabid Kebudayaan di DPP PDIP tersebut. Tak hanya itu, Tina juga mengajak Risma berswafoto.

"Saya memang mengagumi Bu Risma atas kinerjanya membangun Kota Surabaya. Rasanya bangga bisa bertemu juga selfie dengan Bu Risma," tuturnya.

Baca Juga: Pusing Hadapi Masalah Banjir Jakarta, DPRD DKI Berguru ke Risma

3. Tina apresiasi RTH di Kota Surabaya

Tina Toon Minta DKI Bangun RTH Seperti Surabaya: Gak Perlu Gengsi DongWali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah) bersama rombongan Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta saat kunjungan di ruangannya, Jumat (20/12). IDN Times/Fitria Madia

Bagi Tina, salah satu hal yang dapat dikagumi dan harus dicontoh dari sosok Risma adalah upayanya mewujudkan Surabaya sebagai kota yang hijau. Ia mengapresiasi Kota Pahlawan yang dipenuhi pepohonan dan tertata rapi.

"Di sini tuh rapi banget, tertata gitu. Taman-taman yang dibangun juga memiliki konsep yang jelas, sehingga tak sekadar dibangun. Taman jadi ruang interaksi warga, juga jadi tempat warga berkesenian," terangnya.

4. Minta Pemprov DKI Jakarta tiru pembangunan RTH di Surabaya

Tina Toon Minta DKI Bangun RTH Seperti Surabaya: Gak Perlu Gengsi DongWali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama rombongan Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta saat kunjungan di ruangannya, Jumat (20/12). IDN Times/Fitria Madia

Kondisi tersebut, lanjut Tina, berbanding terbalik dengan Jakarta. RTH yang ada di Jakarta bahkan tidak mencapai batas minimal RTH secara nasional. Yaitu 30 persen dari total luasan daerah tersebut.

Ia berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tak gengsi untuk meniru kinerja Pemerintah Kota Surabaya dalam penataan RTH.

"Aku menilai konsep RTH Surabaya adalah konsep RTH terbaik di Indonesia saat ini. Jakarta sebagai ibu kota negara seharusnya tidak perlu malu untuk menerapkan konsep RTH Surabaya. Untuk kebaikan, gak perlu gengsi dong," pungkasnya.

Baca Juga: Gembong Minta Anies Tiru Risma yang Tak Pernah Salahkan Banjir Kiriman

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya