Comscore Tracker

Tim Robot ITS Sabet Dua Gelar di Kompetisi Internasional

Meski mepet tapi tetap bisa juara

Surabaya, IDN Times - Tim robot IRIS dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyabet dua penghargaan di kompetisi tingkat internasional, RoboCup Asia-Pacific 2021. Dua penghargaan ini berasal dari dua kategori lomba yang berbeda yaitu Video Challenge dan Scientific Challenge.

1. RoboCup Asia-Pasific adalah kompetisi internasional di bidang robotika

Tim Robot ITS Sabet Dua Gelar di Kompetisi InternasionalSosok di balik tim IRIS ITS yang berlaga dalam Robocup Asia-Pasific 2021 (dok. Humas ITS)

Official tim IRIS, Natasya Septina Arinti menjelaskan, RoboCup merupakan kompetisi robotika tingkat internasional yang bertujuan mempromosikan penelitian robotika dan tantangan Artificial Intelligence (AI) di wilayah Asia Pasifik.

“Kompetisi ini diselenggarakan secara hybrid yang berpusat di daerah Aichi, Jepang,” ujar Natasya, Selasa (30/11/2021).

Dalam kompetisi ini terdapat delapan kategori yang dilombakan yaitu RoboCup Soccer, RoboCup Rescue, RoboCup Home, RoboCup Industrial, RoboCup Junior, RCAP Challenges, RCAP Industry League, dan RCAP Demonstrations.

“Tim IRIS sendiri hanya mengikuti kategori RoboCup Soccer, khususnya Middle Size League (MSL),” jelasnya.

2. Ada dua gelar yang berhasil didapat tim ITS

Tim Robot ITS Sabet Dua Gelar di Kompetisi Internasional

Mahasiswi Departemen Statistika Bisnis ITS ini melanjutkan, dalam tiap kategori terdapat dua challenge untuk para peserta yaitu Video Challenge dan Scientific Challenge. Video Challenge meminta para peserta membuat sebuah video yang berisi pengalaman perlombaan yang pernah diikuti, riset robot-robot lain, jurnal, hingga promosi robotika.

“Sedangkan pada Scientific Challenge, kami diminta untuk melakukan riset dan mempresentasikan materi robot milik tim IRIS,” ungkapnya.

Sementara di challenge berikutnya, Tim IRIS membuat robot pelatih kiper yang dapat mendeteksi area kosong yang ada di gawang. Dari dua challenge ini, IRIS mendapat peringkat juara 2 untuk Video Challenge dan juara 4 untuk Scientific Challenge. 

“Jadi ketika pertandingan, robot ini dapat menangkap tendangan bola pemain agar tak kebobolan,” imbuh Natasya.

Baca Juga: Tim Dosen ITS Ciptakan Gim untuk Latih Masyarakat Cegah Hoaks

3. Tahap seleksi kompetisi cukup ketat

Tim Robot ITS Sabet Dua Gelar di Kompetisi InternasionalSosok di balik tim IRIS ITS yang berlaga dalam Robocup Asia-Pasific 2021 (dok. Humas ITS)

Natasya menerangkan, sebelum bisa lolos di tahapan lomba tingkat internasional ini, pihaknya mengikuti berbagai rangkaian seleksi mulai Team Leader Meeting, First Pre Competition Test, hingga Second Pre Competition Test. Ini juga kali pertama Tim IRIS mengikuti Robocup tingkat Asia Pasifik.

“Ini merupakan sejarah baru bagi IRIS di kancah internasional dan akan menjadi agenda rutin ke depannya mengingat pencapaian kali ini yang sangat memuaskan,” ungkapnya.

Robot buatan IRIS pun dinilai sudah cukup baik sehingga bisa membawa pulang dua predikat. Namun, pihaknya mengaku masih butuh peningkatan di kemudian hari. Waktu persiapan yang singkat pun sempat mempengerahui kinerja tim IRIS yang kewalahan. Namun, mereka berhasil mempersembahkan prestasi bagi ITS.

"Ke depan, kami berharap dapat terus aktif menjadi juara di setiap kompetisi robotika internasional,” harapnya.

Baca Juga: Viral Mengharukan, Wisudawan ITS Recreate Foto di Makam Ayahnya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya