Tiba di Rumah Duka, Jenazah Fadly Korban Sriwijaya Langsung Disalatkan

Prosesi penyerahan diwarnai isak tangis

Surabaya, IDN Times - Duka menyeruak di udara. Pria berseragam putih berbaris di depan mobil jenazah. Mereka bersiap menyerahkan peti kayu berisi jenazah Fadly Satrianto, seorang kopilot yang menjadi korban jatuhnya Sriwijaya Air SJY 182. Pihak keluarga dengan segenap hati mengantarkan tubuh putra bungsu mereka ke tempat peristirahatan terakhirnya.

"Laa Ilaaha Illallah, Laa Ilaaha Illallah," tahlil bergema mengikuti iring-iringan jenazah. Jenazah Fadly diantarkan dari rumah duka ke Masjid Al Ikhlash yang berjarak sekitar 300 meter.

1. Jenazah Fadly diserahkan oleh perwakilan NAM Air

Tiba di Rumah Duka, Jenazah Fadly Korban Sriwijaya Langsung DisalatkanProsesi penyerahan jenazah Fadly Satrianto dari NAM Air kepada pihak keluarga, Jumat (15/1/2021). IDN Times/Fitria Madia

Jumat siang (15/1/2021), jenazah Fadly diantarkan oleh rekan sejawatnya di maskapai NAM Air. Jasad Fadly diserahkan oleh Chief Pilot NAM Air Kapten Ibran kepada orangtua Fadly, Sumarzen Marzuki dan Ninik Andayani.

"Kami ucapkan turut berbela sungkawa dan duka yang sangat dalam atas tragedi yang menimpa Fadly mewakili PT NAM Air," ujar Ibran di depan Masjid Al Ikhlash, Jalan Tanjung Sadari, Surabaya.

Isak tangis bersautan. Orangtua, kedua kakak, teman-teman, dan rekan kerja Fadly tak kuasa menahan air mata. Mereka kehilangan sosok Fadly yang santun dan murah senyum.

2. Keluarga berterima kasih kepada NAM Air

Tiba di Rumah Duka, Jenazah Fadly Korban Sriwijaya Langsung DisalatkanKedua orangtua Fadly Satrianto saat menerima penyerahan jenazah putranya, Jumat (15/1/2021). IDN Times/Fitria Madia

Sumarzen sebagai kepala keluarga menerima jenazah yang diantarkan oleh NAM Air itu. Dengan tegar, ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada NAM Air dan rekan-rekan yang telah membantu seluruh proses pengambilan jenazah hingga bisa diantarkan ke rumah duka. Bahkan, jenazah diantarkan lebih cepat beberapa jam dari yang telah dijadwalkan.

"Terima kasih banyak, untuk NAM Air, rekan-rekannya, keluarga saya yang di Jakarta juga. Karena pandemik seperti ini, kami jadi tidak memungkinkan ke sana," tuturnya.

Baca Juga: Parfum dan Dompet, Kado Termanis Fadly untuk Kedua Orangtuanya

3. Jenazah disalatkan di masjid dekat rumah

Tiba di Rumah Duka, Jenazah Fadly Korban Sriwijaya Langsung DisalatkanKedua orangtua Fadly Satrianto saat menerima penyerahan jenazah putranya, Jumat (15/1/2021). IDN Times/Fitria Madia

Meski anaknya menjadi korban kecelakaan pesawat, dalam hati Sumarzen sebenarnya berbangga. Banyak ucapan bela sungkawa yang datang menandakan bahwa sosok Fadly adalah pria yang baik. Selain itu, Fadly juga gugur dalam tugasnya yang diartikan Sumarzen sebagai mati syahid.

"Tolong maafkan kalau anak saya ada salah-salah. Mari kita doakan agar ananda Fadly diterima di sisi-Nya," ungkap Sumarzen.

Seusai prosesi penyerahan, jenazah Fadly langsung disalatkan. Salat jenazah dilakukan tak terlalu ramai, mengingat pandemik COVID-19. Terlihat, Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana juga turut berada dalam barisan jemaah salat jenazah tersebut.

Baca Juga: Dekat Keluarga, Fadly Korban Sriwijaya Air akan Dimakamkan di Keputih

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya