Tiap Malming, Swab Acak Dilakukan di Kota Surabaya

Tim Swab hunter turun tiap hari di kecamatan

Surabaya, IDN Times - Swab bunter atau swab acak massal kembali diselenggarakan secara masif di Kota Surabaya. Pelaksanaan swab acak ini utamanya di Sabtu malam alias malam Minggu saat banyak warga yang keluar rumah. Swab acak menyasar titik-titik keramaian warga serta pengguna jalan yang tidak menaati protokol kesehatan.

1. Swab hunter ditingkatkan lagi di tengah lonjakan kasus COVID-19

Tiap Malming, Swab Acak Dilakukan di Kota SurabayaTim Swab Hunter Surabaya menyasar kerumunan di sejumlah tempat. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Daerah) Kota Surabaya, Ridwan Mubarun menjelaskan, dengan peningkatan kasus COVID-19 ini, active case finding melalui swab hunter ditingkatkan. Swab hunter ini pun dilakukan tiap malam Minggu dan hari-hari tertentu lainnya untuk menemukan kasus-kasus COVID-19 di Kota Pahlawan.

"Kami ingin mengingatkan masyarakat terutama yang melanggar prokes, agar tidak abai dan tetap disiplin. Sebab, pandemi Covid-19 ini masih belum berakhir,” ujarnya, Senin (7/2/2022).

Baca Juga: Sempat Ada yang Menolak, Vaksinasi Booster Sasar Kader Surabaya

2. Akan langsung diswab PCR jika positif swab antigen

Tiap Malming, Swab Acak Dilakukan di Kota SurabayaTim Swab Hunter Surabaya menyasar kerumunan di sejumlah tempat. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Swab acak yang dilakukan kepada warga menggunakan metode swab antigen. Jika ditemukan warga yang positif, warga tersebut langsung diarahkan untuk melakukan swab PCR. Metode swab acak seperti ini sudah dilakukan sejak Januari 2022.

“Apabila nanti terdapat pelanggar yang dinyatakan positif swab antigen, maka akan langsung dilakukan swab yang PCR. Di awal Januari 2022 kemarin belum ada laporan pelanggar yang kedapatan positif swab antigen, namun menjelang akhir-akhir ini di beberapa kecamatan terdapat laporan pelanggar yang positif,” tuturnya.

3. Swab hunter dilaksanakan tiap hari di kecamatan

Tiap Malming, Swab Acak Dilakukan di Kota SurabayaTim Swab Hunter Surabaya menyasar kerumunan di sejumlah tempat. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Di tengah meningkatnya kasus hingga tembus lebih dari 1000 kasus ini, swab hunter dilaksanakan bukan cuma pada Sabtu malam namun hampir setiap hari di setiap kecamatan. Swab hunter ini dilaksanakan oleh pejabat kecamatan setempat di lokasi-lokasi keramaian.

“Hampir di semua kecamatan itu mereka setiap hari melakukan operasi prokes. Tapi kalau yang Sabtu malam digelar malam hari, biasanya warkop (warung kopi) dan pengendara kendaraan yang abai,” ungkapnya.

4. Belum ditemukan kasus positif COVID-19 saat swab hunter sejak Januari

Tiap Malming, Swab Acak Dilakukan di Kota Surabayailustrasi virus corona (IDN Times/Mardya Shakti)

Ridwan mencatat, sejak awal Januai 2022, setidaknya telah ada 500-700 pelanggar prokes yang telah terjaring swab hunter di Kota Surabaya. Dari jumlah tersebut, belum ditemukan kasus positif COVID-19. Meski demikian, swab hunter akan terus ditingkatkan karena potensi penularan COVID-19 saat ini lebih tinggi terutama pada warga yang mengabaikan prokes.

“Targetnya adalah menegakkan prokes, kita tidak memberikan sanksi. Melainkan melakukan testing dengan menggelar swab hunter,” pungkasnya.

Baca Juga: Telusuri Omicron, Warga Surabaya akan Dites Swab Acak di Perkampungan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya