Comscore Tracker

Tes Acak 580 Orang di Pemkot Surabaya, Semua Negatif COVID-19

Pencarian kasus aktif masih terus dilakukan

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya masih terus mencari kasus-kasus COVID-19 yang tak terlaporkan dengan tes acak di perkantoran. Hingga sementara ini, dari hasil tes acak di perkantoran Pemkot, belum ditemukan kasus positif COVID-19.

1. Hasil tes acak COVID-19 di Pemkot Surabaya nol kasus

Tes Acak 580 Orang di Pemkot Surabaya, Semua Negatif COVID-19Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara. IDN Times/Dok. Istimewa

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara menuturkan, pihaknya sudah memulai imbauan tes acak 10 persen untuk perkantoran dari wilayah Pemkot Surabaya. Hasilnya, dari 580 orang pegawai yang dites, belum ditemukan satu pun yang positif COVID-19.

"Kami sudah melaksanakan tes swab terhadap 580 ASN Kota Surabaya, ada 25 bagian dan OPD sudah dilaksanakan swab. Alhamdulilah hasilnya negatif semua,” ujar Febri, Rabu (1/12/2021).

2. Tes acak masih akan terus dilakukan

Tes Acak 580 Orang di Pemkot Surabaya, Semua Negatif COVID-19Balai Kota Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Meski sudah mengetes 580 orang, Febri memastikan bahwa pihaknya masih akan terus case finding di lingkungannya. Setelah itu, tes acak akan menyasar lingkungan perkantoran BUMD pada 2 Desember 2021 dan BUMN pada 3 Desember 2021.

"Terkait pencarian kasus baru di perkantoran, ini masih kami lanjutkan agar bisa tes swab semua, agar bisa mencapai target pada 6 Desember,” imbuhnya.

Febri berharap bahwa perkantoran swasta bisa mengikuti imbauan yang dikeluarkan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ini. Pasalnya, tes acak ini bertujuan untuk antisipasi kasus-kasus aktif yang tidak terlaporkan. Jika kasus-kasus aktif ini dibiarkan, tak menutup  kemungkinan penularan yang lebih masif akan terjadi.

“Ini yang tidak kita harapkan, upaya ini yang kita lakukan untuk bisa melihat dan mengamankan warga Kota Surabaya,” terangnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rawat 1.258 Anak Yatim Piatu Akibat COVID-19

3. Jangan abai protokol kesehatan

Tes Acak 580 Orang di Pemkot Surabaya, Semua Negatif COVID-19Warga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama)

Febri berharap masyarakat Surabaya tidak lalai dalam menerapkan protokol kesehatan. Meski kasus aktif COVID-19 di Kota Surabaya selama beberapa hari terakhir tak sampai 10 orang, namun potensi penularan masih ada.

“Setiap hari kalau kita lihat dari data terkonfirmasi antara 6-7 kasus positif. Hal ini juga kita imbangi dengan capaian vaksin. Untuk dosis satu sebesar 117 persen dan vaksin dosis dua mencapai 97 persen,” pungkasnya.

Baca Juga: Terima Laporan Soal Penipuan ASN, Pemkot Surabaya Tunggu Inkracht

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya