Terhalang Pandemik, Beberapa Proyek Pemkot Surabaya Belum Lunas

Perwali pun diterbitkan untuk tuntaskan masalah pembayaran

Surabaya, IDN Times - Pembayaran sejumlah proyek Pemerintah Kota Surabaya belum lunas lantaran terhalang regulasi anggaran. Pemkot pun mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) yang mengatur pembayaran di luar tahun anggaran.

1. Beberapa proyek Pemkot Surabaya belum lunas

Terhalang Pandemik, Beberapa Proyek Pemkot Surabaya Belum LunasKepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya, Erna Purnawati. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Erna Purnawati menyebutkan bahwa beberapa proyek Pemkot belum bisa dilunasi pembayarannya seperti Jembatan Joyoboyo, akses menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), dan beberapa pedestrian. Pelunasan ini terhalang adanya pengalihan atau refocusing anggaran akibat pandemi COVID-19.

"Ini kejadian pertama kali dan di luar prediksi, karena adanya pandemi, maka harus ada landasan untuk melakukan pembayaran di luar tahun anggaran," ujar Erna, Selasa (20/4/2021).

Baca Juga: Parkir di Terminal Intermoda Joyoboyo Kini Wajib Nontunai

2. Keluarkan Perwali agar bisa lunasi proyek

Terhalang Pandemik, Beberapa Proyek Pemkot Surabaya Belum LunasJembatan Joyoboyo. IDN Times/Fitria Madia

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemkot pun mengeluarkan Perwali yang mengatur pengeluaran dana di luar tahun anggaran agar bisa melunasi beberapa proyek khususnya Jembatan Joyoboyo lantaran sudah selesai diaudit oleh inspektorat.

“Yang Jembatan Joyoboyo ini kan audit dari Inspektorat sudah selesai, Perwali juga sudah keluar, sehingga besok atau lusa sudah kami bayarkan kepada pihak kontraktor, apalagi ini uangnya sudah siap juga, sehingga kami langsung proses untuk sisa pembayarannya,” tuturnya.

3. Rencananya akan diresmikan minggu depan

Terhalang Pandemik, Beberapa Proyek Pemkot Surabaya Belum LunasJembatan Joyoboyo. IDN Times/Fitria Madia

Setelah pembayarannya dituntaskan, barulah Jembatan Joyoboyo bisa diresmikan. Rencananya, jembatan ini akan diresmikan berbarengan dengan PLTSa Benowo yaitu pada Rabu, 28 April 2021. Namun, rencana peresmian ini masih akan dibahas lagi setelah pelunasan.

“Mungkin insyallah tanggal 28 April 2021 ini, kemungkinan dibarengkan dengan peresmian PLTSa, insyallah demikian semoga jadwalnya tidak berubah lagi,” tutupnya.

Baca Juga: Ingin Segera Diresmikan oleh Risma, Ini Penampakan Jembatan Joyoboyo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya