Tanggul Proyek Jebol, Satu Pekerja Hilang Tertimbun Lumpur

Proses evakuasi sulit

Surabaya, IDN Times - Sebuah kecelakaan kerja terjadi di kawasan proyek PT Sinar Suri Cabang Surabaya, Sabtu (10/8). Kecelakaan ini menyebabkan lumpur meluap hingga menimbun seorang pekerja hingga diduga meninggal dunia. Para petugas penyelamatan pun mengalami kendala dalam proses evakuasi.

 

1. Tanggul lumpur proyek jebol

Tanggul Proyek Jebol, Satu Pekerja Hilang Tertimbun LumpurIDN Times/Fitria Madia

 

Kapolsek Sukomanunggal Kompol Muljono menjelaskan bahwa PT Sinar Suri memiliki proyek pembangunan dan menampung lumpur di sebuah tanggul. Namun pada Sabtu (10/8), sekitar pukul 13.00 WIB, tanggul tersebut tiba-tiba jebol setinggi 50 cm sehingga menyebabkan lumpur meluap.

"Akan tetapi baru satu minggu dimasukkan lumpur pondasi yanga da di samping kiri setinggi 3 meter dengan lebar diameternya 60-90 sentimeter itu jeblo sekitar 50 meter sehingga lumpurnya meluap ke samping kiri," ujar Muljono ketika dihubungi IDN Times, Sabtu (10/8).

2. Dua korban selamat, satu hilang

Tanggul Proyek Jebol, Satu Pekerja Hilang Tertimbun LumpurDok. IDN Times/Istimewa

Jebolnya tanggul hingga tumpahnya lumpur tersebut pun akhirnya memakan korban. Pasalnya kejadian tersebut bertepatan dengan waktu istirahat dan makan siang para pekerja. Kebetulan, titik jebol berdekatan dengan tempat mencuci tangan.

"Korban ada tiga, yang dua bisa menyelamatkan diri, yang satu tidak sempat melarikan diri, akhirnya tertimpa lumpur," lanjutnya.

3. Proses evakuasi mengalami kendala

Tanggul Proyek Jebol, Satu Pekerja Hilang Tertimbun LumpurIDN Times/Fitria Madia

 

Hingga pukul 18.00 WIB, korban yang diketahui laki-laki tersebut belum juga ditemukan. Petugas gabungan yang terdiri dari kepolisian, pemadam kebakaran, dan Linmas mengalami kendala dalam proses evakuasi.

"Kalau ini air jadi enak kita bisa mengira-ngira ke dalamannya. Tapi ini kan lumpur jadi kita kesulitan. Ini membahayakan," ujar salah satu petugas keselamatan, Mustika ketika ditemui di lokasi kejadian.

Beberapa upaya sudah dicoba seperti pencarian menggunakan alat pemadam kebakaean seperti skylift. Namun upaya-upaya tersebut masih gagal. Saat ini tim penyelamatan tengah membangun jembatan dari anyaman bambu untuk meraih titik jebol dan mencari korban secara manual.

Baca Juga: Banjir di Jember Gara-gara Tanggul Jebol, BPBD dan Tim SAR Lakukan Ini

4. Diduga ada kelalaian

Tanggul Proyek Jebol, Satu Pekerja Hilang Tertimbun LumpurIDN Times/Fitria Madia

 

Muljono menduga adanya faktor kelalaian dari pihak manajemen proyek maupun pemilik perusahaan. Untuk itu, kepolisian akan melakukan penyelidikan lebih lanjut setelah proses evakuasi korban telah selesai.

"Gak boleh. Ini setelah saya tanya, tujuannya adalah dia mengirit bahan bangunana untuk pengurukan yang tanahnya dari nol jalan itu kedalamannya 3 meter. Perlu penyelidikan lebih lanjut," tutupnya.

Baca Juga: Guru dan Siswa SD Aji Tunggal Terkepung Banjir Akibat Tanggul Jebol

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya